Lailatul Qadar Tidak Hanya Terjadi di Malam Ganjil Saja

Rabu, 05 Mei 2021 - 08:30 WIB
Begitulah yang ditafsirkan Abu Sa'id Al Khudri dalam hadits yang sahih dan begitu juga Nabi shallallahu 'alaihi wasallam menghidupkan malamnya (dengan ibadah) dalam satu bulan.

Jika demikian, maka seharusnya seorang mulism bersungguh-sungguh mencarinya di seluruh malam terakhir, sebagaimana sabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam: "Carilah dia pada malam-malam sepuluh terakhir".

Dan yang paling banyak terjadi adalah pada malam tujuh terakhir, dan yang lebih banyak lagi pada malam 27, sebagaimana Ubai Bin Ka’ab bersumpah mengatakan: "Sesungguhnya ia (Lailatul Qodar) pada malam dua puluh tujuh (27)".

Kesimpulannya

Bahwa malam Lailatul Qodar, tidak mesti pada malam ganjil saja, bahkan juga bisa terjadi pada malam genap di sepuluh terakhir bulan Ramadhan. Karena itu, Habib Quraisy mengajak kaum muslimin agar senantiasa menghidupkan malam 10 terakhir Ramadhan dengan ibadah sholat, beriktikaf, baca Qur'an, berdzikir, istigfar, bertaubat dan amalan-amalan lain yang disyariatkan.

Barangsiapa yang melakukan demikian pasti ia mendapatkan malam Lailatul Qodar yang lebih baik dari seribu bulan. Insya Allah!

Wallahu A'lam

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:  Para malaikat malam dan para malaikat siang saling bergantian mendatangi kalian. Mereka berkumpul saat shalat Subuh dan Ashar. Kemudian naiklah para malaikat malam (yang mendatangi kalian).  Lalu, Allah bertanya kepada mereka (dan Dia lebih mengetahui semua urusan mereka): Bagaimana keadaan hamba-hamba-Ku ketika kalian meninggalkannya?  Mereka (malaikat) menjawab: Kami meninggalkan mereka sedang shalat dan ketika kami mendatangi mereka, mereka juga sedang shalat.

(HR. Nasa'i No. 481)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More