Buya Yahya: Jangan Salah Kaprah, Inilah Musuh Islam yang Sebenarnya

Senin, 07 Juni 2021 - 10:15 WIB
Musuh kita sebenarnya adalah mereka yang memusuhi agama kita, yang mengganggu agama kita, yang mengganggu Nabi Muhammad, yang mengganggu Al-Qur'an, yang mengganggu syariat. Tapi, kalau ada tetangga yang bukan muslim namun bersikap baik-baik kepada kita, tidak boleh diganggu. Itulah Al-Wala' wal-Baro' yang sesungguhnya.

Kemudian memang ada orang muslim yang tidak memahami Al-Wala' wal-Baro'. Sehingga loyalitas yang seharusnya dia tidak boleh loyal seperti dijelaskan di atas, yaitu seorang muslim yang mendukung orang-orang di luar Islam.

Ada pembantaian kepada kaum muslimin, dia diam. Tapi di saat orang di luar Islam punya masalah, dia langsung melakukan pembelaan. Ketahuilah bahwa Islam itu adil. Lihatlah kisah kejahatan dilakukan oleh kaum muslim di zaman Khalifah Umar Bin Khattab, dia dihukum oleh Umar. Bukan mentang-mentang yang bersalah adalah orang Islam lalu dibebaskan. Tidak demikian di zaman Umar.

Intinya, Islam itu sangat indah. Di zaman sekarang malah terbalik, kawan jadi lawan. Ustaz musuhnya ustaz, umat muslim musuhnya umat muslim. Jadi kesimpulan Al-Wala' wal-Baro' itu ialah siapa sebenarnya yang harus kita musuhi. Siapa orang yang kita cintai dan kita bela itu namanya Al-Wala'. Siapa orang yang kita cuci tangan dan terbebas dari urusannya itulah Al-Baro'. Kalau memang berlebihan harus kita perangi. Tetapi ingat, dalam memeranginya pun ada aturannya, bukan main tembak.

Semoga Allah memberi kita pemahaman memaknai Al-Wala' wal-Baro' sehingga kita dapat menampilkan Islam yang indah dan adil sebagaimana yang diajarkan Rasulullah SAW dan para sahabat.



Wallahu A'lam

Berikut Ceramah Buya Yahya tentang "Musuh Islam yang Sebenarnya" yang disiarkan Al-Bahjah TV:
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, dia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Tiga golongan yang tidak akan diajak bicara oleh Allah pada hari kiamat, yaitu seorang yang sudah tua berzina, orang miskin namun sombong, dan pemimpin yang pendusta.

(HR. Nasa'i No. 2528)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More