Gus Baha: Berdoa Adalah Ibadah, Tetapi Jangan Menggurui Allah

Selasa, 08 Juni 2021 - 07:45 WIB
Ia lupa bahwa salah satu cara mendapatkan rezeki tanpa bekerja ialah dengan dipenjara. Di penjara pula, ia akhirnya bisa fokus beribadah tanpa perlu sibuk memikirkan dunia. Sejak saat itu, hamba yang dekat dengan Allah tadi menjadi lebih berhati-hati ketika berdoa.

Jadi khayalan manusia itu memang terkadang repot kalau dituruti. Gus Baha mencontohkan ketika ada orang yang berdoa meminta dijadikan kaya supaya dapat merawat ribuan anak yatim, fakir, dan miskin. Doa seperti itu jika dituruti tentu repot.

Memang di satu sisi niatnya baik untuk menolong orang lain. Tetapi di sisi lain, Allah harus membunuh ribuan bapak atau harus menciptakan ribuan orang fakir dan miskin.

Gus Baha menjelaskan bahwa doa yang aman dan paling baik untuk dipanjatkan itu ialah doa yang warid atau ada sanadnya hingga Rasulullah SAW.



Wallahu A'lam
(rhs)
Halaman :
Follow
Hadits of The Day
Dari Al Aghar Al Muzanni, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Sesungguhnya hatiku tidak pernah lalai dari dzikir kepada Allah subhanahu wa ta'ala, sesungguhnya aku beristighfar sebanyak seratus kali dalam sehari.

(HR. Muslim No. 4870)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More