Nabi Muhammad Tidak Anti kepada Non-Muslim [2/Tamat]

Selasa, 27 Juli 2021 - 10:37 WIB
"Bertakwalah dimanapun kalian berada, dan ikutilah keburukan dengan kebaikan, niscaya ia akan menghapus keburukan tersebut. Dan pergaulilah manusia dengan akhlak yang baik."

Hebatnya, Nabi di dalam hadis ini tidak mengatakan "pergaulilah saudara muslim". Justru Nabi mengatakan Kholiqin-Naas (pergaulilah manusia). Artinya, berbuat baik tidak hanya kepada sesama muslim, tetapi semua orang tanpa memandang agama dan suku. Siapa pun dia, selama statusnya masih manusia (makhluk Allah), seorang muslim wajib berbuat baik kepadanya.

Jika orang yang tidak seakidah saja kita diperintah untuk berbuat baik, apalagi kepada sesama muslim? Tentu jauh lebih wajib lagi karena ada kesamaan tujuan dan akidah, yakni Allah. Kita diikat dengan kalimat yang tidak mungkin terlepas sampai hari Kiamat, yakni kalimat Tauhid. Lalu, apa alasan kita merusak kalimat itu dengan kebencian dan prasangka buruk? Semoga Allah menyelimuti kita dengan akhlak yang baik sebagaimana dicontohkan Baginda Nabi.

Wallahu A'lam

Ustaz Ahmad Zarkasih Lc MA
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Abu Hurairah dan Abu Sa'id bahwa keduanya pernah menyaksikan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Tidaklah ada suatu kaum duduk sambil berdzikir kepada Allah, kecuali para Malaikat akan mengelilingi mereka, dan akan diselubungi rahmat, akan turun kepada mereka sakinah (ketenangan), dan Allah akan menyebut-nyebut orang-orang yang ada disisi-Nya.

(HR. Sunan Ibnu Majah No. 3781)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More