Habib Umar: Indonesia Negeri yang Paling Dijaga Allah

Selasa, 17 Agustus 2021 - 08:05 WIB
Tidak banyak figur ulama seperti beliau di zaman akhir ini. Awal beliau dikenal dunia setelah perjalanan ke Hijaz berdakwah menyerukan ajaran Islam yang diwariskan oleh ulama-ulama terdahulu. Ketika kembali ke tanah kelahirannya di Tarim Yaman, beliau mendirikan Pesantren Dar-al Musthafa pada Tahun 1993 atau sekitar 1414 Hijriyah. Darul Musthafa menjadi hadiah beliau untuk dunia. Dari pesantren inilah nasihat para salafunasshalihin diserukan hingga menyebar ke seluruh penjuru dunia.

Awal kedatangan Habib Umar ke Indonesia yaitu pada tahun 1994. Beliau diutus oleh Al-Habib Abdul Qadir bin Ahmad Assegaf yang hadir di Jeddah untuk menggugah ghirah (semangat atau rasa kepedulian) para Alawiyyin Indonesia.

Dakwah beliau disambut hangat oleh umat Islam di Indonesia. Warga menyambut beliau dengan sangat antusias dan hangat, mengingat dakwah beliau yang sangat indah dan sejuk itu yang berasal dan kakek beliau Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam. Ceramahnya diterima oleh berbagai kalangan mulai pemerintah, rakyat biasa, kaya ataupun miskin, tua dan muda.

Salah satu karya monumental beliau adalah Kitab Maulid bernama adh-Dhiya' al-Lami', yang berisi syair pujian terhadap Rasulullah SAW. Kaum muslim di Indonesia telah banyak mengenal dan membaca kitab ini.

Salah satu wasiat beliau yang cukup populer adalah "Penuhilah hatimu dengan kecintaan terhadap saudaramu, niscaya akan menyempurnakan kekuranganmu dan mengangkat derajatmu di sisi Allah."



Berikut video ceramah singkat Habib Umar Bin Hafizh yang disiarkan Channel Audi Syiar 16 Desember 2019:
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Jika seseorang lupa lalu dia makan dan minum ketika sedang berpuasa, maka hendaklah dia meneruskan puasanya, karena hal itu berarti Allah telah memberinya makan dan minum.

(HR. Bukhari No. 1797)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More