Tadabur Surat Yusuf Ayat 7-8: Penyebab Nabi Yusuf Dimusuhi Saudaranya

Rabu, 27 Oktober 2021 - 23:03 WIB
1. Bahayanya dengki yang dituruti. Dalam ayat ini menunjukkan adanya provokasi untuk konspirasi menyingkirkan penyebab dengkinya mereka yaitu Yusuf. Sekalipun mereka semua satu ayah namun perbedaan ibu membuat mereka merasa dan berasumsi bahwa ayahnya pilih kasih kepada Yusuf dan saudaranya, Bunyamin.

2. Sulitnya mengontrol perasaan hati atau jiwa dalam mencintai, seperti yang terlihat pada Nabi Ya'qub kepada Yusuf di antara saudara-saudaranya yang lain. Namun demikian tanggung jawab dan perhatian tetap ditunjukkan Ya'qub kepada semua anak-anaknya. Kecintaan Ya'qub kepada Yusuf hanya sebatas menjaga bakat atau potensi kenabian yang dilihatnya sejak kecil.

3. Orang-orang yang sudah diliputi rasa dengki akan mencari berbagai cara untuk merealisasikan kedengkiannya. Dalam kasus ini saudara-saudara Yusuf menunjukkan kekuatan fisik dan jumlah mereka yang sepuluh untuk menyingkirkan Yusuf. Pemahaman lainnya adalah mereka merasa lebih kuat dan lebih banyak jumlahnya untuk bisa melayani dan membela ayahnya dari pada Yusuf yang masih kecil.

4. Sesungguhnya ayah kita adalah dalam kekeliruan yang nyata. Kalimat ini bentuk dugaan yang keliru dari orang-orang yang telah dikuasai oleh kedengkian. Mereka tidak bisa melihat kebenaran atau menerima kebenaran dan justru mencari kesalahan pada orang lain dan akan selalu mencari pembenaran terhadap kedengkiannya.

Dholal mubin bukan yang dimaksud sesat secara agama atau keyakinan, tapi tidak tepat meletakkan satu urusan yang menyangkut anak-anaknya pada tempatnya yang benar.

5. Berusahalah untuk ikut senang di saat saudara kita senang, dan turut berduka jika sudara kita berduka, bantulah dia saat dalam kesulitan, nasehati jika dia meminta nasehat, doakan kebaikan selalu dengan begitu hilanglah rasa dengki.

Wallahu A'lam

(rhs)
Halaman :
Follow
cover top ayah
سَابِقُوۡۤا اِلٰى مَغۡفِرَةٍ مِّنۡ رَّبِّكُمۡ وَجَنَّةٍ عَرۡضُهَا كَعَرۡضِ السَّمَآءِ وَ الۡاَرۡضِۙ اُعِدَّتۡ لِلَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا بِاللّٰهِ وَرُسُلِهٖ‌ؕ ذٰلِكَ فَضۡلُ اللّٰهِ يُؤۡتِيۡهِ مَنۡ يَّشَآءُ‌ؕ وَاللّٰهُ ذُو الۡفَضۡلِ الۡعَظِيۡمِ
Berlomba-lombalah kamu untuk mendapatkan ampunan dari Tuhanmu dan surga yang luasnya seluas langit dan bumi, yang disediakan bagi orang-orang yang beriman kepada Allah dan rasul-rasul-Nya. Itulah karunia Allah, yang diberikan kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah mempunyai karunia yang besar.

(QS. Al-Hadid Ayat 21)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More