Kisah 10 Khawarij Kembali ke Islam Setelah Mendengar Jawaban Khalifah Ali

Jum'at, 14 Januari 2022 - 05:10 WIB
Kemudian orang keenam mendatangi Ali radhiyallahu 'anhu dan bertanya: "Hai Ali! Manakah yang lebih utama antara ilmu dan harta?" "Ilmu adalah lebih utama daripada harta," jawab Ali. "Apa buktinya?" tanya orang keenam. "Harta akan dilindungi dari pencuri, sedangkan ilmu tidak akan dilindungi dari pencuri," kata Ali menjelaskan. Kemudian orang keenam kembali dengan jawaban ini.

7. Jawaban Ketujuh

Giliran orang ketujuh mendatangi Ali dan bertanya: "Hai Ali! Manakah yang lebih utama antara ilmu dan harta?" "Ilmu adalah lebih utama daripada harta," tegas Ali. "Buktinya apa?" tanya orang ketujuh. Ali menanggapi: "Orang yang berharta akan dihisab di Hari Kiamat, sedangkan orang yang berilmu akan disyafa'ati di Hari Kiamat." Orang ketujuh ini pun kembali dengan membawa jawaban ini.

8. Jawaban Kedelapan

Orang kedelapan mendatangi Ali dan berkata: "Hai Ali! Manakah yang lebih utama antara ilmu dan harta?" "Ilmu adalah lebih utama daripada harta," jawab Ali. "Apa buktinya?" tanya orang kedelapan. Ali menjawab: "Harta akan habis termakan waktu dan zaman, sedangkan ilmu tidak akan habis termakan waktu dan zaman." Kemudian ia kembali dengan membawa jawaban ini.

9. Jawaban Kesembilan

Lalu orang kesembilan mendatangi Ali radhiyallahu 'anhu dan bertanya: "Hai Ali! Manakah yang lebih utama antara ilmu dan harta?" "Ilmu adalah lebih utama daripada harta," jawab Ali. "Apa buktinya?" tanya orang kesembilan. "Harta dapat mengeraskan hati, sedangkan ilmu dapat melunakkan dan melembutkan hati," tutur Ali menjelaskan. Orang kesembilan ini pun pergi dengan membawa jawaban ini.

10. Jawaban Kesepuluh

Akhirnya orang kesepuluh datang kepada Ali radhiyallahu 'anhu dan bertanya: "Hai Ali! Manakah yang lebih utama antara ilmu dan harta?" "Ilmu adalah lebih utama daripada harta," jawab Ali. "Apa buktinya?" tanya orang kesepuluh. Khalifah Ali menjelaskan: "Orang berharta akan cenderung mengaku sebagai Tuhan karena hartanya, sedangkan orang yang berilmu akan mengaku sebagai hamba Allah."

Khalifah Ali melanjutkan: "Andai mereka semua bertanya kepadaku dengan pertanyaan yang sama niscaya aku akan menjawabnya dengan jawaban yang berbeda selama aku masih hidup," kata Ali.

Akhirnya sepuluh orang Khawarij itu mendatangi Ali radhiyallahu 'anhu dan kembali masuk Islam.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
cover top ayah
اِنَّ الَّذِيۡنَ اَجۡرَمُوۡا كَانُوۡا مِنَ الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا يَضۡحَكُوۡنَ
Sesungguhnya orang-orang yang berdosa adalah mereka yang dahulu menertawakan orang-orang yang beriman.

(QS. Al-Mutaffifin Ayat 29)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More