Syekh Siti Jenar Dibilang Jelmaan Cacing, Ini Faktanya

Rabu, 19 Januari 2022 - 18:09 WIB
Sartono Hadisuwarno mengatakan keberhasilan Sayyid Abdullah Khan dalam memperkenalkan budaya Islam kepada orang-orang Tionghoa tercatat dalam sejarah Tiongkok. Maka, bisa jadi, ia adalah orang pertama penyebar agama Islam di Tiongkok yang tercatat dalam sejarah tertua Tiongkok.

Syekh Abdullah Khan memiliki anak cucu yang berdakwah dan tersebar di Pulau Jawa. Beberapa dari cucunya dikabarkan adalah anggota dari Wali Sanga. Namun, kebenaran dari berita ini masih simpang-siur dan belum menjumpai titik temu. "Apabila berita ini memang benar adanya, berarti dapat dikatakan bahwa Syekh Siti Jenar masih memiliki hubungan saudara dengan Walisongo," katanya.

Selain kabar tersebut, berdasarkan kabar yang beredar di masyarakat, kata Sartono Hadisuwarno, Syekh Siti Jenar juga masih memiliki hubungan darah dengan Syekh Abdul Qadir al-Jailani, seorang wali Allah sekaligus pemimpin para wali.

"Namun, lagi-lagi, kebenaran dari kabar ini masih simpangsiur. Bahkan, salah seorang ulama sufi dari Irak, Syekh Mudzaffir al-Mugarrabin, membantah kebenaran berita ini," katanya.

Menurutnya, sangat mustahil Syekh Siti Jenar memiliki hubungan darah dengan Syekh Abdul Qadir al-Jilani, sedangkan nasab mereka berdua sangat berbeda.

Nasab Syekh Siti Jenar berujung pada Imam Husain asy-Syahid bin Sayyidah Fatimah az-Zahra, sedangkan nasab Syekh Abdul Qadir al-Jilan i berujung pada Imam Hasan bin Ali bin Abi Thalib.

(mhy)
Halaman :
Follow
Hadits of The Day
Dari Abdullah, dia berkata bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:  Sesungguhnya Islam muncul pertama kali dalam keadaan asing dan akan kembali dalam keadaan asing pula, maka beruntunglah orang-orang yang terasing.  Abdullah berkata, Dikatakan, Siapakah orang-orang yang terasing itu?  beliau menjawab: Orang-orang yang memisahkan diri dari kabilah-kabilah (yang sesat).

(HR. Ibnu Majah No. 3978)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More