Leluhur Dinasti Abbasiyah, Paman Nabi yang Wafat di Bulan Rajab

Kamis, 03 Februari 2022 - 11:34 WIB
Rasulullah sangat mencintai dan menghormatinya. Karena itulah, para khalifah mengikuti jejak, sikap, dan perlakuan beliau sesudahnya terhadapnya.

Al Abbas menderita tuna netra di akhir hayatnya, dan memiliki 35 riwayat dalam buku-buku hadits. Al-Abbas meninggal dunia pada masa kekhalifahan Utsman bin Affan, pada hari Jumat tanggal 26 Rajab, tahun 32 H, dan dimakamkan di pemakaman Al-Baqi.



Keturunan Al-Abbas

Al-Abbas mempunyai beberapa anak, dan yang tertua adalah Al-Fadhl -dengan nama Al-Fadhl dan inilah Al-Abbas mendapat nama kunyah Abu Al-Fadhl. Anaknya yang lain adalah Abdullah, Ubaidillah, Aburrahman, Qatsam, Ma'bad, dan Ummu Habibah. Ibunda mereka adalah Lubabah binti Al-Harits bin Huzn dari Bani Hilal bin Amir dari Qais Ailan.

Al-Abbas memiliki pula beberapa anak dari selain Ummu Al-Fadhl, di antaranya Katsir bin Al-Abbas, Tamam, Shafiyyah, dan Umaimah dari ibunda mereka yang merupakan seorang ummul walad (budak perempuan yang melahirkan anak majikannya). Di samping seorang anak bernama Al-Harits dari seorang ibu bernama Jamilah binti Jundub dari suku Hudzail.

Al-Fadhl, Qatsam, Abdurrahman, Katsir, dan Tamam tidak memiliki keturunan. Keturunan Al-Abbas berasal dari selain mereka, terutama dari Abdullah. Abdullah bin Al-Abbas inilah yang memberikan banyak keturunan bagi Al-Abbas, dan merupakan nenek moyang para khalifah Bani Abbasiyah.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(mhy)
Halaman :
cover top ayah
اِنَّ الۡاِنۡسَانَ خُلِقَ هَلُوۡعًا ۙ‏ (١٩) اِذَا مَسَّهُ الشَّرُّ جَزُوۡعًا (٢٠) وَاِذَا مَسَّهُ الۡخَيۡرُ مَنُوۡعًا (٢١) اِلَّا الۡمُصَلِّيۡنَۙ (٢٢) الَّذِيۡنَ هُمۡ عَلٰى صَلَاتِهِمۡ دَآٮِٕمُوۡنَ (٢٣) وَالَّذِيۡنَ فِىۡۤ اَمۡوَالِهِمۡ حَقٌّ مَّعۡلُوۡمٌ (٢٤) لِّلسَّآٮِٕلِ وَالۡمَحۡرُوۡمِ (٢٥)
Sungguh, manusia diciptakan bersifat suka mengeluh. Apabila dia ditimpa kesusahan dia berkeluh kesah, dan apabila mendapat kebaikan (harta) dia jadi kikir, kecuali orang-orang yang melaksanakan shalat, mereka yang tetap setia melaksanakan shalatnya, dan orang-orang yang dalam hartanya disiapkan bagian tertentu, bagi orang (miskin) yang meminta dan yang tidak meminta

(QS. Al-Ma'arij Ayat 19-25)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More