Abdurrahman Bin Auf, Pedagang Handal yang Ahli Ibadah

Rabu, 13 April 2022 - 14:56 WIB
Saat perang Uhud, ia pun mendapatkan 211 luka dan di antaranya ada yang menyebabkan kakinya pincang serta 2 giginya tanggal. Tidak heran jika ia menjadi salah satu sahabat terbaik Nabi dan tokoh teladan Islam hingga akhir zaman.

Menjelang wafat, Abdurrahman bin Auf sempat menangis. Ia khawatir akan apa yang ia miliki saat ini tak mampu menyelamatkannya kelak di akhirat. Ia pun pernah berkata, "Sesungguhnya, Mush'ab bin Umair lebih baik dariku. Ia meninggal di masa Rasulullah dan ia tidak memiliki apa pun untuk dikafani. Hamzah bin Abdul Muthalib juga lebih baik dariku. Kami tidak mendapatkan kafan untuknya. Sesungguhnya, aku takut bila aku menjadi seseorang yang dipercepat kebaikannya di kehidupan dunia. Aku takut ditahan dari sahabat-sahabatku karena banyak hartaku," tutur Abdurrahman.

Baginya, warisan terbaik yang ia tinggalkan pada keluarganya saat meninggal bukanlah harta atau kekayaanya melainkan ajaran Islam dan teladan dari Rasulullah SAW. Memang tak mudah menjadi seorang Abdurrahman bin Auf, tapi dengan keyakinan dan istiqomah di jalan Islam semoga kita bisa meneladaninya hingga akhir hayat. (Ali Bastoni, Ketua Ramadan 1443 H Dompet Dhuafa)



=============



Tentang Dompet Dhuafa


Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 28 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.

https://dompetdhuafa.org/

Untuk informasi lebih lanjut, harap hubungi :

U.P : Corcom Dompet Dhuafa, Bani (+6285692951433), Fatzry (+6282122182919)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(mhy)
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Abdullah bin Busr, seorang badui bertanya: Wahai Rasulullah, siapa orang terbaik itu? Rasulullah shallallahu 'alahi wa salam menjawab: Orang yang panjang umurnya dan baik amalnya.

(HR. Tirmidzi No. 2251)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More