Sedekah Subuh dan Keistimewaannya

loading...
Sedekah Subuh dan Keistimewaannya
ilustrasi. Foto istimewa
Sedekah subuh memiliki keistimewaan tersendiri, meskipun semua waktu untuk sedekah adalah baik. Dalam sebuah hadis Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda;

“Tidak ada satu subuh pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa, ‘Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfak’, sedangkan yang satunya lagi berdoa ‘Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan hartanya.” (HR. Bukhari & Muslim)

Baca juga: Ayat Seribu Dinar : Surat At-Thalaq dan Keutamaannya

Hadis di atas adalah salah satu alasan kuat betapa sedekah di waktu subuh adalah amalan yang mulia . Selain doa dari malaikat, ada beberapa keutamaan lain yang insyaa Allah akan kita dapatkan ketika ikhlas merutinkan sedekah, salah satunya sedekah saat subuh.

Keutamaan sedekah sendiri sangat luar biasa, karena setiap sedekah yang kita lakukan akan dibalas dengan kebaikan yang berlipat. Disebutkan dalam Al Qur'an, Allah Ta'ala berfirman :

مَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنْۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِيْ كُلِّ سُنْۢبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللّٰهُ يُضٰعِفُ لِمَنْ يَّشَاۤءُ ۗوَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS al Baqarah : 261)

Baca juga: Jadwal Puasa Sunnah Agustus 2021 Bertepatan dengan Puasa Asyura

Inilah janji Allah, bahwa ketika kita bersedekah maka sejatinya harta kita tidak akan berkurang, melainkan Allah akan membalasnya dengan kebaikan yang berlipat. Maka, sedekah saat subuh menjadi cara hebat untuk mengawali hari. Insyaa Allah bisa mengundang kebaikan di sepanjang hari.

Sedekah juga akan membuat doa kita lebih mudah dikabulkan. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa sallam dalam sebuah hadis menyampaikan bahwa membantu sesama bisa mempercepat terkabulnya do’a: “Barangsiapa ingin doanya terkabul dan dibebaskan dari kesulitannya hendaklah dia mengatasi (menyelesaikan) kesulitan orang lain.” (HR. Ahmad)

Baca juga: Habib Saggaf Al-Jufri Wafat, Warga Alkhairaat Diimbau Tahlilan

Ada pesan dari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa sallam, salah satu tips agar doa kita lebih didengar dan dikabulkan oleh Allah. Maka sedekah subuh bisa menjadi cara dahsyat mengawali hari, agar doa kita untuk hari itu dapat dikabulkan oleh Allah SWT.

Almarhum ustadz Syekh Ali Jaber pernah menyampaikan bahwa beliau menemukan suatu waktu sedekah yang baik
“Semua waktu sebenarnya baik, tapi saya menemukan sedekah subuh itu yang paling baik, paling dahsyat, yang paling cepat terkabul hajat kita. Kenapa sedekah subuh dahsyat? Karena setiap waktu subuh Allah turunkan malaikat tugasnya cuma satu, mendoakan orang yang berinfak di subuh hari,”ungkapnya dalam salah satu tayangan ceramahnya.

Almarhum Syekh Ali Jaber menjelaskan bagaimana cara untuk mengamalkan sedekah subuh tanpa kesulitan. Yaitu sebagai berikut:

Baca juga: Mau Masuk Arab Saudi, Jamaah Umrah Indonesia Masih Harus Dapat Vaksin Booster

1. Setelah shalat subuh masukan sedekah dalam kotak amal

Melakukan sedekah subuh tidak perlu mencari anak yatim atau orang miskin saat subuh, namun cukup buat kotak amal dari kaleng atau botol. Kemudian, setelah shalat subuh atau sebelum melakukan aktivitas, isi sedekah dengan disertai memanjatkan hajat. Jika ibu-ibu sedang berhalangan tidak sholat, bisa dilakukan isi sedekah sebelum aktivitas

2. Lebih baik satu kali sedekah difokuskan untuk satu hajat

Menurut Syekh Ali Jaber, banyak jamaahnya yang sudah menjalankan sedekah subuh ini dan alhamdulilah terbukti. Sedekah bisa dilakukan untuk orang tua, dibukakan pintu rezeki, sedekah agar diberi keturunan, mencari jodoh, masalah utang, ingin hafal Al-Qur’an, dan sebagainya.

Baca juga Pasien Covid-19 Gejala Ringan Tak Perlu Tes PCR Usai Isolasi Mandiri
halaman ke-1
cover top ayah
وَاٰتٰٮكُمۡ مِّنۡ كُلِّ مَا سَاَلۡـتُمُوۡهُ‌ ؕ وَاِنۡ تَعُدُّوۡا نِعۡمَتَ اللّٰهِ لَا تُحۡصُوۡهَا ؕ اِنَّ الۡاِنۡسَانَ لَـظَلُوۡمٌ كَفَّارٌ
Dan Dia telah memberikan kepadamu segala apa yang kamu mohonkan kepada-Nya. Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak akan mampu menghitungnya. Sungguh, manusia itu sangat zhalim dan sangat mengingkari (nikmat Allah).

(QS. Ibrahim:34)
cover bottom ayah
preload video