Bacaan Sholawat Ibrahimiyah dan Keutamaannya

Rabu, 18 Mei 2022 - 19:42 WIB
Sholawat Ibrahimiyah adalah sholawat yang paling sempurna shighatnya dibanding sholawat-sholawat lain. Foto/Ist
Setiap muslim pasti mengenal dan bahkan hafal sholawat yang satu ini. Sholawat ini selalu dibaca pada saat duduk tasyahud di dalam sholat. Sholawat yang dibaca saat sholat ini dinamakan sholawat Ibrahimiyah.

Dilansir dari NU Online, Syekh Yusuf bin Ismail An-Nabhani mengatakan Sholawat Ibrahimiyah adalah shalawat paling sempurna shighatnya dibanding sholawat-sholawat yang lain, baik yang ma'tsurah (diriwayatkan dari Nabi) maupun yang tidak ma'tsurah.

Baca Juga: sholawatSesungguhnya Allah dan para Malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya." (QS. Al Ahzab: Ayat 56)

Keutamaan Sholawat Ibrahimiyah

Rasulullah SAW memerintahkan umatnya membaca sholawat Ibrahimiyah karena dapat mendatangkan syafaat di hari kiamat. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang artinya:



"Barangsiapa yang membaca sholawat ini (sholawat Ibrahimiyah), maka aku bersaksi baginya di hari kiamat dengan kesaksianku, dan aku akan memberi syafaat baginya." (HR Al-Bukhari)

Selain mendapatkan syafaat di hari kiamat, Allah akan menghapus 10 kesalahan dan mengangkat derajat hamba-Nya yang membaca sholawat. Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa yang bershalawat kepadaku satu kali, niscaya Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali dan dihapus darinya sepuluh kesalahan, diangkat baginya sepuluh derajat." (HR. An-Nasa'i)

Selain keutamaan di atas, sholawat juga dapat menenangkan hati dan pikiran. Bahkan dapat mempermudah dikabulkannya doa dan hajat-hajat kita.

Wallahu A'lam

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
cover top ayah
هَلۡ اَتٰى عَلَى الۡاِنۡسَانِ حِيۡنٌ مِّنَ الدَّهۡرِ لَمۡ يَكُنۡ شَيۡـٴً۬ـا مَّذۡكُوۡرًا (١) اِنَّا خَلَقۡنَا الۡاِنۡسَانَ مِنۡ نُّطۡفَةٍ اَمۡشَاجٍۖ نَّبۡتَلِيۡهِ فَجَعَلۡنٰهُ سَمِيۡعًۢا بَصِيۡرًا (٢) اِنَّا هَدَيۡنٰهُ السَّبِيۡلَ اِمَّا شَاكِرًا وَّاِمَّا كَفُوۡرًا‏ (٣)
Bukankah pernah datang kepada manusia waktu dari masa, yang ketika itu belum merupakan sesuatu yang dapat disebut? Sungguh, Kami telah menciptakan manusia dari setetes mani yang bercampur yang Kami hendak mengujinya dengan perintah dan larangan, karena itu Kami jadikan dia mendengar dan melihat. Sungguh, Kami telah menunjukkan kepadanya jalan yang lurus; ada yang bersyukur dan ada pula yang kufur.

(QS. Al-Insan Ayat 1-3)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More