Kisah Ajaib! Prajurit Khalifah Umar Tetap Hidup Meski Kepalanya Dipenggal

Kamis, 11 Agustus 2022 - 23:55 WIB
Kemudian prajurit ketiga membunuh temannya. Melihat kejadian itu, Kaisar memerintahkan menterinya untuk menulisnya dalam daftar. Kemudian menteri itu berkata kepada Kaisar: "Ini tidak masuk akal dan bukan keputusan bijaksana untuk mempercayainya. Ia saja tidak bisa menjaga hak temannya sendiri yang tumbuh besar bersamanya. Lantas apakah ia nanti bisa menjaga hak kita?"

Akhirnya, Kaisar Romawi memerintahkan prajurit untuk membunuhnya dan memenggal kepalanya. Setelah dipenggal, kepala prajurit yang berkhianat ini menggelinding memutari lapangan tiga kali dan membaca ayat Al-Qur'an berikut:

أَفَمَنْ حَقَّ عَلَيْهِ كَلِمَةُ الْعَذَابِ أَفَأَنْتَ تُنْقِذُ مَنْ فِي النَّارِ

Artinya: "Apakah (kamu hendak merubah nasib) orang-orang yang telah pasti ketentuan azab atasnya? Apakah kamu akan menyelamatkan orang yang berada dalam api neraka?" (QS Az-Zumar: 19)

Anehnya, kepala prajurit ketiga ini berhenti di pinggir lapangan dan terpisah dari kepala prajurit pertama dan kedua. Dua prajurit setia Umar bin Abdul Aziz meninggal syahid mendapatkan ridha Allah. Sedangkan prajurit ketiga berakhir su'ul khatimah mendapatkan siksa dari Allah. Na'udzubillahi min dzalik!

Demikian kisah prajurit Umar bin Abdul Aziz yang sarat pelajaran berharga. Kisah ini mengajarkan kita untuk tidak sekali-kali menjual agama untuk dunia. Semoga Allah meneguhkan hati kita di atas agama-Nya.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
cover top ayah
وَاعۡلَمُوۡۤا اَنَّمَاۤ اَمۡوَالُكُمۡ وَاَوۡلَادُكُمۡ فِتۡنَةٌ  ۙ وَّاَنَّ اللّٰهَ عِنۡدَهٗۤ اَجۡرٌ عَظِيۡمٌ
Dan ketahuilah bahwa hartamu dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai cobaan dan sesungguhnya di sisi Allah ada pahala yang besar.

(QS. Al-Anfal Ayat 28)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More