Mengenal 10 Malaikat Mulia dan Tugas-tugasnya

Selasa, 30 Juni 2020 - 21:50 WIB
8. Malaikat 'Atid (عَتِيدٌ)

Tugasnya sama dengan Malaikat Raqib yaitu mencatat amalan manusia. Namun Malaikat 'Atid ditugaskan mencatat amal perbuatan buruk manusia. Kedua Malaikat Raqib Atid itu sentiasa mengiringi manusia dimana saja mereka berada dan kemana sana mereka pergi. Jumlah Malaikat ini sebanding dengan jumlah manusia sepanjang zaman.

9. Malaikat Malik (مالك)

Malaikat Malik adalah malaikat yang memimpin para Malaikat Zabaniah di neraka. Tugasnya menjaga neraka dengan penampilan yang sangat menakutkan dan mengerikan bagi para penghuni Neraka.

10. Malaikat Ridhwan (رضوان‎)

Malaikat ini bertugas sebagai penjaga pintu Surga. Penampilan sangat indah dan menyenangkan bagi para penghuni Surga. Ridwan adalah nama malaikat yang menjaga pintu surga, Walaupun tidak ada keterangan dalam Al-Qur'an dan Hadis Shahih mengenai kejelasan namanya. Terkadang namanya diucapkan Rizvan oleh orang Persia, Urdu, Pashto, Tajik, Punjabi, Kashmir dan bahasa lainnya yang terpengaruh oleh bahasa Persia. Sementara di Perancis disebut sebagai 'Redouane'. Nama ini cukup populer bagi kaum muslimin. Malaikat Ridwan biasanya bersama dikaitkan bersama Malaikat Malik.

Demikian sepuluh Malaikat yang wajib kita kenal dan yakini secara sungguh-sungguh tanpa keragu-raguan. Kita tidak cukup hanya belajar ilmu tauhid berkenaan dengan Malaikat, tetapi mesti bertafakkur, mujahadah, menghayati ibadah dan berdoa selalu memohon kepada Allah agar diberi keyakinan yang sempurna kepada Allah dan apa-apa yang diperintahkan-Nya. ( )

Wallahu Ta'ala A'lam
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, dia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Tiga golongan yang tidak akan diajak bicara oleh Allah pada hari kiamat, yaitu seorang yang sudah tua berzina, orang miskin namun sombong, dan pemimpin yang pendusta.

(HR. Nasa'i No. 2528)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More