alexametrics

Amalan yang Membuat Malaikat Kerja Bakti Mencatat Pahala Kita

loading...
Amalan yang Membuat Malaikat Kerja Bakti Mencatat Pahala Kita
Pengasuh Ponpes Ash-Shidqu Kuningan, Al-Habib Quraisy Baharun. Foto/Istimewa
Al-Habib Quraisy Baharun (pengasuh Ponpes Ash-Shidqu Kuningan) menjelaskan beberapa amalan yang terkesan remeh namun memiliki fadhillah besar. Inilah alasan kenapa tidak boleh malas menuntut ilmu di majelis-majelis taklim.

Dalam catatannya, Al-Habib Quraisy Baharun menegaskan bahwa selain pembahasan ilmu dalil, tak kalah penting adalah majelis yang mampu menguatkan ikatan batin kita kepada Allah dan Rasul-Nya. Allah memberi kita banyak nikmat tentu hakikatnya untuk beribadah kepada-Nya.(Baca Juga: 70 Malaikat Akan Mendoakan Orang yang Mengamalkan Ayat Ini)

Termasuk nikmat Allah Ta'ala yang agung adalah kita dijadikan umat kekasih-Nya, Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam. Berkat Rasulullah termulia, maka kita menjadi umat termulia. Al-Habib Quraisy Baharun mengajarkan amalan yang membuat Malaikat terus mencatat kebaikan kita.



Barang siapa yang membaca: "Jazallahu 'anna Sayyidana Muhammadan shalallahu 'alaihi wa sallam ma Huwa ahluh". (Semoga Allah membalas bagi pihak kami akan segala kebajikan yang dilakukan oleh Junjungan Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam dengan balasan yang selayaknya buat baginda).

Fadhilahnya adalah apabila dibaca akan membuat 70.000 Malaikat kelelahan munuliskan pahalanya. (Kitab Irsyadul 'ibad Ila sabilir Rasyad).(Baca Juga: 3 Bacaan Masyhur untuk Ruqyah Menangkal Virus Corona)

Riwayat lain disebutkan. "Barang siapa yang mengucapkan: Jazallahu 'anna Muhammadan maa huwa ahluh, ia akan menyibukkan 70 Malaikat pencatat amalan selama 1000 hari". (HR. Imam ath-Thabraani)

Dalam lafadz lain:
جَزَى اللهُ عَنَّا سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِمَا هُوَ أَهْلُهُ

Jazallahu ‘anna Sayyidana Muhammadan shallallahu 'alaihi wa sallama bima huwa ahluh.

Artinya:
"Semoga Allah memberikan balasan kebaikan kepada pemimpin kita Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam atas jasa-jasa beliau kepada kita dengan balasan yang pantas beliau terima."

Penjelasan:
Imam Abu Nuaim, Imam Thabrani dalam Mu'jamul ausath dan mu’jamul kabir dan beberapa ulama ahli hadis lainnya menyebutkan riwayat dengan sanad yang muttashil kepada sahabat yang bernama Sayyidina Abdullah bin Abbas radhiyalllahu'anhuma dari Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam berkata: "Siapa saja yang membaca redaksi Shalawat ini, maka 70 Malaikat akan kerja bakti untuk mencatat pahalanya sampai 1000 hari".(Baca Juga: Dahsyatnya Zikir Ini Hingga Malaikat Tak Sanggup Mencatat Pahalanya)

Wallahu Subhanahu wa Ta'ala A'lam
(rhs)
cover top ayah
وَاتَّخَذُوۡا مِنۡ دُوۡنِهٖۤ اٰلِهَةً لَّا يَخۡلُقُوۡنَ شَيۡـًٔـا وَّهُمۡ يُخۡلَقُوۡنَ وَلَا يَمۡلِكُوۡنَ لِاَنۡفُسِهِمۡ ضَرًّا وَّلَا نَفۡعًا وَّلَا يَمۡلِكُوۡنَ مَوۡتًا وَّلَا حَيٰوةً وَّلَا نُشُوۡرًا‏
Namun mereka mengambil tuhan-tuhan selain Allah untuk disembah, padahal mereka tuhan-tuhan itu tidak menciptakan apa pun, bahkan mereka sendiri diciptakan oleh manusia, dan tidak kuasa untuk menolak bahaya terhadap dirinya dan tidak dapat mendatangkan manfaat serta tidak kuasa mematikan, menghidupkan, dan tidak pula membangkitkan.

(QS. Al-Furqan:3)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak