12 Manfaat Beriman pada Hari Akhir

Jum'at, 26 Agustus 2022 - 14:49 WIB
“Barangsiapa yang dijauhkan dari neraka dan dimasukan kedalam surga maka sungguh dia telah beruntung dan tidaklah kehidupan dunia kecuali kesenangan yang menipu” ( QS Al Imran :185)

Keempat, mengingatkan seorang muslim bahwa kehinaan dan kerugian yang sebenarnya adalah apabila seseorang masuk ke dalam neraka.

Allah berfirman:

رَبَّنَا إِنَّكَ مَنْ تُدْخِلِ النَّارَ فَقَدْ أَخْزَيْتَهُ ۖ وَمَا لِلظَّالِمِينَ مِنْ أَنْصَارٍ

“Wahai Rabb kami Sesungguhnya barangsiapa yang Engkau masukan kedalam neraka,maka sungguh Engkau telah menghinakannya dan tidak ada penolong bagi orang-orang yang zhālim” ( QS Al Imran :192)

Kelima, menguatkan kesabaran seorang muslim di dalam menghadapi musibah-musibah dunia yang menimpanya.

Dia menyadari bahwasanya dirinya dan apa yang dia miliki adalah milik Allāh,dan akan kembali kepada Allah.



Keenam, beriman kepada hari akhir mendidik seorang muslim supaya senantiasa ikhlās dalam beramal karena dia menyadari bahwasanya amalan yang ikhlās lah yang dapat bermanfaat dihari kiamat.

Ketujuh, mengingatkan seorang muslim tentang pentingnya bersegera dalam bertaubat dan beristighfar dari dosa. Karena dosa adalah sebab bencana di akhirat.

Kedelapan, mengingatkan seorang muslim untuk senantiasa bersabar di atas ketaatan kepada Allah dan bersabar dalam menjauhi kemaksiatan. Dan semua itu jauh lebih ringan daripada azab di akhirat.

Kesembilan, mengingatkan seorang muslim akan besarnya nikmat islam dan iman yang Allāh berikan kepadanya

Karena dengan sebab itulah Allah SWT akan memberikan kebahagiaan kepadanya didunia dan di akhirat.

Kesepuluh, mengingatkan seorang muslim akan bahaya kekafiran, kesyirikan, dan kemunafiqkan. Ketiganya adalah penyebab kekekalan di dalam neraka.

Kesebelas, mendorong seorang muslim untuk semanggat berdakwah di jalan Allah, mengajak saudara seislam untuk berpegang teguh dengan agamanya dan mengajak orang kafir untuk masuk Islam, supaya terhindar dari azab yang kekal.

Keduabelas, menginggatkan kita tentang pentingnya berdo’a kepada Allah, meminta kebahagiaan akhirat. Di antara doa didalam Al Qur'an adalah:

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Wahai Rabb kami,berikanlah kepada kami kebaikan didunia dan kebaikan di akhirat dan jagalah kami dari adzab neraka” ( QS Al Baqarah : 201)



Mewakili Rukun Imam Lainnya
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:  Tiga perkara yang apabila ada pada diri seseorang, ia akan mendapatkan manisnya iman, yakni:  Dijadikannya Allah dan Rasul-Nya lebih dicintainya dari selain keduanya.  Jika ia mencintai seseorang, dia tidak mencintainya kecuali karena Allah.  Dan dia benci kembali kepada kekufuran, seperti dia benci bila dilempar ke neraka

(HR. Bukhari No. 15)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More