Penjelasan Serta Tanda-tanda Kiamat Kubro, Nomor 2 Paling Ditakuti

Minggu, 04 September 2022 - 23:55 WIB
Di antara hadis yang menjelaskan cara api ini menggiring manusia adalah riwayat dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: "Manusia itu dikumpulkan menjadi tiga kelompok: kelompok orang yang bersuka ria, kelompok yang merasa takut, dan kelompok di mana dua orang di atas unta, tiga orang di atas unta, empat orang di atas unta, dan sepuluh orang di atas unta, dan selebihnya digiring oleh api. Api ini akan selalu bersama mereka di saat mereka istirahat, di saat mereka bermalam, di waktu pagi, dan di waktu sore hari." (HR Al-Bukhari dan Muslim)

9. Turunnya Imam Mahdi

Tanda lain sebelum Kiamat Kubro terjadi adalah turnnya Imam Mahdi. Hari Kiamat tidak akan terjadi sebelum kemunculan sosok Imam Mahdi. Dalam riwayat disebutkan Imam Mahdi muncul sebelum turunnya Nabi Isa alaihissalam. Rasulullah SAW bersabda: "Tidak hancur dunia (Kiamat) sampai orang Arab memiliki seorang laki-laki dari keturunanku yang namanya sama dengan namaku." (HR At-Tirmidzi)

Imam Mahdi akan memerintah selama 7 tahun memenuhi dunia dengan keadilan yang sebelumnya dipenuhi oleh kezaliman. Rasulullah SAW bersabda: "Pada akhir umatku akan keluar al-Mahdi. Allah menurunkan hujan kepadanya, bumi mengeluarkan tumbuhannya, harta akan dibagikan secara merata, binatang ternak melimpah dan umat menjadi mulia, dia akan hidup selama tujuh atau delapan (yakni, musim haji)." (HR Hakim)

10. Peniupan Sangkakala

Hari Kiamat tidak akan terjadi sebelum ditiupnya Sangkakala oleh Malaikat Israfil. Allah memerintahkan israfil meniup Sangkakala sebagai pertanda berkahirnya kehidupan dunia. Dalam Al-Qur'an, Allah menyebut Sangkakala dengan as-Shuur (الصُّورُ). Tiupan pertama akan mematikan seluruh makhluk di langit dan bumi. Kemudian disusul tiupan kedua untuk membangkitkan manusia dari kuburnya masing-masing.

Ngerinya tiupan Sangkakala ini dijelaskan Allah Ta'ala dalam Al-Qur'an: "Dan (ingatlah) pada hari (ketika) Sangkakala ditiup, maka terkejutlah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi, kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Dan semua mereka datang menghadap-Nya dengan merendahkan diri." (QS. An-Naml Ayat 87)

Demikian penjelasan serta tanda-tanda Kiamat Kubro. Sebenarnya masih banyak nash-nash Hadis yang menjelaskan tentang tanda-tanda Kimat Kubro ini. Mudah-mudahan ulasan ini bermanfaat untuk menguatkan keimanan kita.

Wallahu A'lam

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Abdullah, dia berkata bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:  Sesungguhnya Islam muncul pertama kali dalam keadaan asing dan akan kembali dalam keadaan asing pula, maka beruntunglah orang-orang yang terasing.  Abdullah berkata, Dikatakan, Siapakah orang-orang yang terasing itu?  beliau menjawab: Orang-orang yang memisahkan diri dari kabilah-kabilah (yang sesat).

(HR. Ibnu Majah No. 3978)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More