Surat Yusuf Ayat 65: Siasat Nabi Yusuf Mengembalikan Barang Saudara-saudaranya

Jum'at, 30 September 2022 - 23:56 WIB
Siasat Nabi Yusuf mengembalikan barang saudara-saudaranya untuk meyakinkan ayah mereka agar Bunyamin diizinkan dibawa ke Mesir. Foto/tangkapan layar Film Nabi Yusuf
Ustaz Mukhlis Mukti Al-Mughni

Dai Lulusan Al-Azhar Mesir,

Yayasan Pustaka Afaf

Episode ini masih menceritakan kepulangan saudara-saudara Nabi Yusuf ke rumah ayahnya Nabi Yakub 'alaihissalam di Palestina. Mereka dikejutkan dengan barang-barang penukar gandum yang tidak diambil oleh penguasa Mesir tersebut.

Nabi Yusuf 'alaihissalam sengaja mengembailkan barang-barang saudaranya itu sebagai siasat agar Bunyamin diizinkan ke Mesir oleh ayah mereka. Inilah kecerdasan Nabi Yusuf untuk meyakinkan ayahnya Nabi Yakub. Berikut firman Allah dan lanjutan tadabur Surat Yusuf :



وَلَمَّا فَتَحُوْا مَتَاعَهُمْ وَجَدُوْا بِضَاعَتَهُمْ رُدَّتْ اِلَيْهِمْۗ قَالُوْا يٰٓاَبَانَا مَا نَبْغِيْۗ هٰذِهٖ بِضَاعَتُنَا رُدَّتْ اِلَيْنَا وَنَمِيْرُ اَهْلَنَا وَنَحْفَظُ اَخَانَا وَنَزْدَادُ كَيْلَ بَعِيْرٍۗ ذٰلِكَ كَيْلٌ يَّسِيْرٌ


Artinya: "Dan ketika mereka membuka barang-barangnya, mereka menemukan barang-barang (penukar) mereka dikembalikan kepada mereka. Mereka berkata, "Wahai ayah kami! Apalagi yang kita inginkan. Ini barang-barang kita dikembalikan kepada kita, dan kita akan dapat memberi makan keluarga kita, dan kami akan memelihara saudara kami, dan kita akan mendapat tambahan jatah (gandum) seberat beban seekor unta. Itu suatu hal yang mudah (bagi raja Mesir)." (QS Yusuf Ayat 65)

Pesan dan Hikmah

1. Saat kembali ke rumah, saudara-saudara Yusuf sangat senang bisa bertemu penguasa Mesir dan segera menyampaikan pesannya hingga lupa membuka keranjang bawaannya. Seketika itu mereka dikagetkan dengan pemberian penguasa Mesir yang tidak mengambil barang tukarannya.

Siasat Nabi Yusuf mulai beraksi di hadapan saudaranya agar mendapatkan izin dari ayahnya. Di antara alasan yang meyakinkan ayahnya adalah kebaikan sang penguasa Mesir, memberi tanpa mengambil tukarannya, menjanjikan lebih banyak pemberian dengan syarat saudara kecilnya Bunyamin ikut serta pada kunjungan berikutnya.

2. Inilah contoh kekuasaan yang digunakan oleh Nabi Yusuf untuk kepentingan kemanusiaan, kemaslahatan hidup dan tentunya menguatkan dan menjaga agama.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
cover top ayah
اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

(QS. Al-Maidah Ayat 110)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More