Pertanyaan Malaikat Munkar dan Nakir di Alam Kubur dan Orang yang Selamat

Sabtu, 22 Oktober 2022 - 17:21 WIB
7. Orang yang membaca Surat Al-Mulk setiap malamnya

8. Orang yang senantiasa membaca Surat as-Sajdah

9. Orang yang membaca Surat Al-Ikhlas saat sakit menjelang ajalnya.

Nikmat Kubur

Termasuk nikmat kubur adalah bahwa kuburan dilebar-panjangkan 70 dzirok setelah ditanyai oleh Malaikat Munkar dan Nakir. Dibukakan semacam jendela yang tembus ke surga. Selain itu, kuburan dipenuhi dengan wewangian dan dijadikan sebuah taman surga.

Kemudian dihiasi dengan lampion yang seterang bulan di malam bulan purnama. Ada sebuah riwayat bahwa sesungguhnya Allah memberi wahyu kepada Nabi Musa 'alaihissalam: "Pelajarilah kebaikan dan ajarkan kepada manusia. Sesungguhnya Aku akan menyinari kuburan para pengajar ilmu dan para pelajarnya agar mereka tidak gelisah di dalamnya." Dari Umar radhiyallahu 'anhu: "Barang siapa menyinari masjid-masjid Allah maka Dia akan menyinari kuburannya."

Semoga Allah berkenan menyelematkan kita dari ujian alam Barzakh dan melindungi kita dari siksa kubur. Allahumma Aamiin!



Wallahu A'lam
(rhs)
Halaman :
Follow
Hadits of The Day
Dari Abu Hurairah dan Abu Sa'id bahwa keduanya pernah menyaksikan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Tidaklah ada suatu kaum duduk sambil berdzikir kepada Allah, kecuali para Malaikat akan mengelilingi mereka, dan akan diselubungi rahmat, akan turun kepada mereka sakinah (ketenangan), dan Allah akan menyebut-nyebut orang-orang yang ada disisi-Nya.

(HR. Sunan Ibnu Majah No. 3781)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More