9 Amalan untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal, Nomor 1 Jangan Dilupakan

Selasa, 25 Oktober 2022 - 06:30 WIB
Amalan puasa ini maksudnya berpuasa atas orang tua yang wafat dan dia tidak berpuasa Ramadhan. Ada dua pendapat yang dilakukan oleh ahli warisnya yaitu:

(1) Fidyah, ini pendapat mayoritas ulama kecuali sebagian Syafi'iyah. Bagi mayoritas ulama, berpuasa jika orang tua sebelumnya bernadzar. (2) Puasa, ini pendapat sebagian Syafi'iyyah, dan inilah yang dianggap lebih Sahih menurut Imam An-Nawawi.

4. Menunaikan Haji

Dari Ibnu Abbas, ada seorang wanita dari Juhainah datang ke Rasulullah, dia berkata: "Ibu saya bernadzar untuk melaksanakan haji, tapi dia belum sempat haji sampai akhirnya wafat, apakah boleh saya haji untuknya?" Nabi menjawab: "Berhajilah untuknya, apa pendapatmu jika ibumu punya utang, bukankah kamu akan membayarkannya?" (HR Al-Bukhari)

5. Sholat

Berdasarkan riwayat Ad-Daruquthni, ada seorang laki-laki berkata: "Sesungguhnya saya memiliki dua orang tua yang senantiasa saya berbuat baik kepada mereka berdua di saat hidupnya, maka bagaimana cara saya berbuat baik kepada mereka berdua setelah mereka wafat?" Rasulullah SAW menjawab: "Sesungguhnya di antara bentuk berbakti setelah kematiannya adalah kamu sholat untuk mereka berdua bersama sholatmu sendiri, dan kamu berpuasa untuk mereka berdua bersama puasamu."

6. Membaca Al-Qur'an

Amalan lain yang dapat kita lakukan adalah membaca Al-Qur'an yang pahalanya dihadiahkan untuk kedua orang tua. Hendaknya setelah membaca Al-Qur'an berdoa: "Ya Allah sampaikanlah pahala membaca Al-Quran ini kepada Fulan bin Fulan." Apabila seorang anak melakukan ketaatan baik berupa sholat, puasa, bersedekah, membaca Al-Qur'an, insya Allah pahalanya sampai kepada orang tua yang sudah meninggal.

7. Menyambung Silaturahim dengan Kerabat atau Teman Dekatnya

Amalan lain yang dapat dilakukan adalah menyambung silaturrahim yang biasa dijaga oleh kedua orang tua. Rasulullah SAW pernah bersabda: "Di antara bakti kepada kedua orang tua yang paling mulia adalah menyambung hubungan dengan orang yang dicintai ayahnya setelah ayahnya meninggal." (HR Muslim)

8. Menunaikan Janji dan Wasiat Orang Tua

Dari Malik bin Rabi'ah as-Saidi, ketika kami duduk bersama Rasulullah SAW datanglah seorang dari kabilah Bani Salamah dan bertanya: "Wahai Rasulullah, apakah ada bakti yang tersisa untuk kedua orang tuaku yang dapat aku lakukan setelah mereka meninggal?" Beliau menjawab: "Ya, mendoakan mereka, menunaikan janji mereka, menyambung tali silaturahim yang pernah mereka lakukan, dan memuliakan teman mereka." (HR Abu Daud)

9. Melanjutkan Amalan Baik Keduanya

Amalan lain yang bisa kita lakukan adalah menjaga dan melanjutkan amalan baik yang dilakukan orang tua semasa hidupnya. Misalnya, jika keduanya rajin puasa sunnah, maka hidupkanlah. Apabila keduanya gemar bersedekah untuk kaum dhuafa dan aktivitas dakwah, maka lanjutkanlah. Jika orang tua senang menghadiri majelis ilmu, maka lanjutkanlah kebiasannya.

Demikian 9 amalan yang dapat kita lakukan untuk orang tua yang sudah meninggal. Mudah-mudahan amalan ini menjadi penyebab turunnya ampunan dan rahmat Allah kepada orang tua kita. Semoga bermanfaat.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Al Aswad bin Yazid, dia berkata; Abdullah berkata, Saya pernah mendengar Nabi kalian shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Barangsiapa menjadikan segala macam keinginannya hanya satu, yaitu keinginan tempat kembali (negeri Akhirat), niscaya Allah subhanahu wa ta'ala akan mencukupkan baginya keinginan dunianya. Dan barangsiapa yang keinginannya beraneka ragam pada urusan dunia, maka Allah subhanahu wa ta'ala tidak akan memperdulikan dimanapun ia binasa.

(HR. Ibnu Majah No. 4096)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More