5 Fakta Malaikat Pencabut Nyawa yang Jarang Diketahui

Jum'at, 28 Oktober 2022 - 16:55 WIB
Malaikat pencabut nyawa bernama Izrail adalah makhluk Allah yang terakhir dimatikan pada Hari Kiamat. Foto ilustrasi/ist
Malaikat pencabut nyawa merupakan salah satu dari 10 Malaikat yang wajib diketahui. Berbeda dengan manusia, para Malaikat diciptakan oleh Allah dari Nur atau cahaya.

Selain itu, mereka juga diberikan tugas yang berbeda-beda. Seperti Malaikat Jibril yang bertugas menyampaikan wahyu, Malaikat Mikail yang membagikan rezeki, hingga Malaikat Izrail yang bertugas mencabut nyawa setiap makhluk.

Dari sekian banyak Malaikat yang diciptakan oleh Allah Ta'ala, Malaikat Izrail memiliki beberapa fakta menarik yang jarang diketahui.

Berikut beberapa fakta Malaikat pencabut nyawa yang jarang diketahui:

1. Makhluk Terakhir yang Dimatikan Pada Hari Kiamat



Hari Kiamat merupakan peristiwa kehancuran alam semesta beserta seluruh isinya. Di hari kiamat nanti Malaikat Izrail menjadi makhluk terakhir yang hidup.

Ketika Malaikat Israfil menunaikan tugasnya, yakni meniup Sangkakala, Allah akan bertanya kepada Izrail: "Siapakah yang masih tinggal dari makhluk-Ku?" (Padahal Allah lebih mengetahui).

Malaikat Izrail pun menjawab: "Ya Rabb, Engkau yang Maha hidup yang tidak akan mati, tinggal Malaikat Jibril, Mikail, Israfil, Hamalatul 'Arsyi dan aku seorang." Setelahnya, Allah memerintahkan Izrail untuk mencabut nyawa mereka.

Kemudian Allah bertanya kembali: "Hai Malaikat Maut (Izrail), siapakah yang masih tinggal dari makhluk-Ku?" Malaikat Izrail pun menjawab: "Engkau Dzat yang Hidup yang tidak akan mati, tinggal hambaMu yang lemah, Malaikat Maut."

Lantas, Allah kembali berfirman: "Hai Malaikat Maut, tidakkah kau mendengar firmanKu: "Kullu Nafsin Dzaiqotul Maut (setiap yang bernyawa pasti mati). Aku jadikan ini untuk tugasmu itu, dan kini matilah engkau."

Setelah itu, tak ada yang tersisa kecuali Allah, Malaikat Izrail diperintahkan mencabut nyawanya sendiri dan matilah dia.

2. Wujud Malaikat Pencabut Nyawa

Dalam menjalankan tugasnya, Malaikat Pencabut Nyawa akan turun bersama Malaikat Rahmat dan Malaikat Azab. Selain itu, jumlah pasukannya adalah sebanyak manusia dan makhluk di bumi.

Adapun untuk wujudnya sendiri, dikatakan bahwa Malaikat Izrail memiliki empat wajah. Masing-masing adalah satu wajah di kepala untuk mengambil nyawa para Nabi, wajah di muka untuk mencabut nyawa orang mukmin, wajah di punggung untuk mengambil nyawa orang kafir, serta nyawa di telapak kakinya untuk mencabut nyawa seluruh Jin.

3. Dijuluki Malaikat Maut

Selain dikenal dengan Malaikat Pencabut Nyawa, Izrail juga memiliki julukan sebagai Malaikat Maut. Adapun hal ini didasarkan pada tugasnya yang diperintahkan untuk mencabut setiap nyawa dari makhluk Allah.

Tak hanya manusia saja, dia bertugas untuk mencabut seluruh nyawa makhluk Allah, termasuk nyawanya sendiri di hari akhir kelak.

4. Pernah Tertawa dan Menangis Saat Mencabut Nyawa Manusia

Dalam tugasnya mencabut nyawa makhluk Allah, Malaikat Izrail pernah tertawa dan menangis. Imam Al-Qurthubi dalam Kitab Tadzkirah pernah menceritakan kisah ini. Allah Ta'ala bertanya kepada Malaikat Maut (padahal Allah Maha Tahu): "Apakah kamu pernah menangis ketika hendak mencabut nyawa seseorang?"
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
cover top ayah
وَتَرَى الۡجِبَالَ تَحۡسَبُهَا جَامِدَةً وَّهِىَ تَمُرُّ مَرَّ السَّحَابِ‌ؕ صُنۡعَ اللّٰهِ الَّذِىۡۤ اَتۡقَنَ كُلَّ شَىۡءٍ‌ؕ اِنَّهٗ خَبِيۡرٌۢ بِمَا تَفۡعَلُوۡنَ‏
Dan engkau akan melihat gunung-gunung, yang engkau kira tetap di tempatnya, padahal ia berjalan seperti awan berjalan. Itulah ciptaan Allah yang mencipta dengan sempurna segala sesuatu. Sungguh, Dia Mahateliti apa yang kamu kerjakan.

(QS. An-Naml Ayat 88)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More