Tata Cara Sholat Sunnah Taubat Berikut Keutamaannya

Minggu, 30 Oktober 2022 - 06:30 WIB
Sholat Sunnah Taubat merupakan salah satu amalan yang dicintai Allah Taala. Foto/Ist
Sholat sunnah Taubat merupakan salah satu sholat yang dianjurkan untuk memohon ampunan Allah atas dosa-dosa. Berikut ini tata cara sholat sunnah Taubat dan keutamaannya.

Setiap manusia tak ada yang luput dari dosa dan kesalahan. Salah satu ikhtiar yang dapat kita lakukan agar dosa-dosa kita diampuni Allah ialah Taubat Nashuha dan menjauhkan diri dari perkara dosa tersebut.

Keutamaan Sholat Taubat

Dari sekian banyak cara bertaubat, seorang muslim dapat mendirikan sholat sunnah Taubat 2 rakaat dan mengawalinya dengan niat Taubat Nashuha.

Keutamaan sholat sunnah Taubat ini diriwayatkan oleh Imam at Tirmidzi dari sahabat Ali bin Abi Thalib dan Abu Bakar As-Shidiq. Rasulullah SAW bersabda:



مَا مِنْ رَجُلٍ يُذْنِبُ ذَنْبًا ثُمَّ يَقُومُ فَيَتَطَهَّرُ، ثُمَّ يُصَلِّي ثُمَّ يَسْتَغْفِرُ اللَّهَ إِلَّا غَفَرَ لَهُ

Artinya: "Tidaklah seseorang melakukan dosa kemudian ia beranjak bersuci, melakukan sholat kemudian beristighfar meminta ampun kepada Allah kecuali Allah mengampuninya." (HR at-Tirmidzi, Ibnu Majah, Abu Dawud)

Tata Cara Sholat Sunnah Taubat

Sholat Taubat ini dikerjakan sebanyak 2 rakaat. Gerakan dan bacaannya sama dengan sholat sunnah pada umumnya. Hanya saja, untuk sholat taubat dianjurkan secara munfarid atau sendirian.

1. Membaca Niat

Bacaan niat sholat taubat adalah sebagai berikut:

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَّوْبَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى


Ushollii sunnatat Taubati rok'ataini lillaahi ta'aalaa.

Artinya: "Aku berniat melakukan sholat sunnah taubat dua rakaat karena Allah Ta'ala."

2. Takbiratul Ihram

3. Membaca Doa Iftitah

4. Membaca Surat Al-Fatihah

5. Membaca salah satu Surat dari Al-Qur'an

6. Rukuk
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
cover top ayah
لَا تَحۡسَبَنَّ الَّذِيۡنَ يَفۡرَحُوۡنَ بِمَاۤ اَتَوْا وَّيُحِبُّوۡنَ اَنۡ يُّحۡمَدُوۡا بِمَا لَمۡ يَفۡعَلُوۡا فَلَا تَحۡسَبَنَّهُمۡ بِمَفَازَةٍ مِّنَ الۡعَذَابِ‌ۚ وَلَهُمۡ عَذَابٌ اَ لِيۡمٌ
Jangan sekali-kali kamu mengira bahwa orang yang gembira dengan apa yang telah mereka kerjakan dan mereka suka dipuji atas perbuatan yang tidak mereka lakukan, jangan sekali-kali kamu mengira bahwa mereka akan lolos dari azab. Mereka akan mendapat azab yang pedih.

(QS. Ali 'Imran Ayat 188)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More