7 Fakta Mansa Musa Terkaya Sejagat, Hartanya Mencapai Rp5,7 Kuadriliun

Jum'at, 04 November 2022 - 17:14 WIB
Perusahaan teknologi AS, SmartAsset, memperkirakan (berdasarkan penyusutan nilai emas), perjalanan haji Mansa Musa menyebabkan kerugian ekonomi senilai US$ 1,5 Miliar atau sekitar Rp21,4 Triliun di seantero Timur Tengah.

7. Sangat Peduli Pendidikan

Selain muslim yang taat, Mansa Musa juga dikenal sebagai Raja yang sangat peduli dengan pendidikan. Sekembalinya dari Mekkah, sang raja membawa serta banyak sarjana, ulama dan Arsitek dari wilayah Islam. Usaha memajukan peradaban melalui pendidikan terus dilakukan Mansa Musa dengan banyak mengeluarkan biaya operasional untuk memenuhi perpustakaan Universitas Sankore yang saat itu telah memiliki koleksi buku sebanyak 700.000 buah.

Setelah Mansa Musa meninggal dunia Tahun 1337 M pada usia 57, kerajaannya diwariskan kepada anak-anaknya yang tak mampu menjaga keutuhan kerajaan. Penerusnya adalah anaknya bernama Maghan I, salah satu penguasa yang memulai kemunduran kekaisaran Mali sampai mengalami disintegrasi pada awal abad ke-17. Kedatangan bangsa Eropa di kemudian hari menjadi titik akhir kehancuran Kerajaan Mali.

Kini Mali berubah menjadi negera Republik Mali yang sebelumnya dijajah oleh Prancis. Salah satu budaya orang Mali dikenal mengenakan jubah berwarna yang merupakan ciri khas Afrika Barat.

(rhs)
Halaman :
Follow
Hadits of The Day
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Jika seseorang lupa lalu dia makan dan minum ketika sedang berpuasa, maka hendaklah dia meneruskan puasanya, karena hal itu berarti Allah telah memberinya makan dan minum.

(HR. Bukhari No. 1797)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More