5 Hal tentang Padang Mahsyar yang Patut Diketahui

Minggu, 06 November 2022 - 06:30 WIB
Ketika hari Kiamat manusia akan digiring ke Padang Mahsyar dalam keadaan telanjang tanpa mengenakan pakaian atau penutup kaki. Hal ini dikabarkan oleh Rasulullah SAW dari Sayyidah Aisyah:

يُحْشَرُ النَّاسُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ حُفَاةً عُرَاةً غُرْلاً

Artinya: "Manusia akan dikumpulkan pada hari Kiamat dalam keadaan tidak beralas kaki, tidak berpakaian dan belum dikhitan." (HR Muslim 5102)

5. Tujuh Golongan yang Mendapat Naungan Allah

Di Padang Mahsyar nanti ada tujuh golongan manusia yang mendapatkan naungan Allah dengan rahmat-Nya. Pada hari itu tidak ada naungan selain naungan-Nya. Ketujuh golongan ini disebutkan Rasulullah SAW dalam Hadis shahih Imam Al-Bukhari dan Muslim. Yaitu: (1) Penguasa/pemimpin yang adil. (2) Seorang remaja yang tumbuh dan senantiasa beribadah kepada Allah. (3) Laki-laki yang hatinya terpaut dengan masjid-masjid. (4) Dua orang yang saling mencintai karena Allah dan berpisah kerana Allah. (5) Laki-laki yang ketika dirayu wanita bangsawan lagi rupawan, lalu ia menjawab: "Sesungguhnya aku takut kepada Allah". (6) Orang yang mengeluarkan sedekah dan merahasiakannya, sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diperbuat tangan kanannya itu (artinya dia bersedekah dan tidak menceritakan sedekahnya itu kepada orang lain). (7) Orang yang berzikir kepada Allah dalam keadaan sendiri hingga kedua matanya menangis mencucurkan air mata. (HR Al-Bukhari, Muslim)

Wallahu A'lam

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
Hadits of The Day
Dari 'Aisyah radhiyallahu 'anha bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Sesungguhnya para pelukis pada hari kiamat akan disiksa. Dikatakan kepada mereka, Hidupkanlah apa yang telah engkau ciptakan.

(HR. Ibnu Majah No. 2142)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More