Merasa Sempit Rezeki, Amalkan 2 Ayat Ini Niscaya Allah Cukupi Semuanya

Kamis, 10 November 2022 - 05:10 WIB
Rasulullah SAW menganjurkan umat muslim supaya sering-sering membaca kalimat ini: لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّه (laa hawla wa laa quwwata illaa billaah).

أَرْسِلْ إِلَيْهِ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ يَأْمُرُكَ أَنْ تُكْثِرَ مِنْ قَوْلِ: لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ

Artinya: "Sampaikanlah kepadanya, bahwa sesungguhnya Rasulullah menganjurkan kepadamu untuk memperbanyak ucapan, "Tiada daya (untuk menghindar dari kemaksiatan) dan tiada kekuatan (untuk mengerjakan ibadah) kecuali dengan (pertolongan) Allah."

Hakikat Takwa

Dalam Ayat di atas ditarik kesimpulan bahwa solusi atas segala persoalan ialah takwa kepada Allah. Secara etimologis, takwa berarti "menjaga diri" dari segala perbuatan dosa atau yang dilarang Allah dan mengerjakan segala yang diperintahkan-Nya.

Tafsir Ibnu Katsir menjelaskan arti dasar dari "takwa" adalah menaati Allah Ta'ala dan tidak bermaksiat kepada-Nya. Senantiasa mengingat Allah dan bersyukur atas karunia-Nya. Maka barangsiapa yang bertakwa, Allah akan menjamin jalan keluar bagi setiap persoalannya dan memberi rezeki dari arah tak disangka-sangka.

Wallahu A'lam

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Abdullah Busr radhiyallahu 'anhu bahwa seorang laki-laki berkata,  Wahai rasulullah, sesungguhnya syari'at-syari'at Islam telah banyak yang menjadi kewajibanku, maka beritahukan kepadaku sesuatu yang dapat aku jadikan sebagai pegangan!  Rasulullah bersabda, Hendaknya senantiasa lidahmu basah karena berdzikir kepada Allah.

(HR. Tirmidzi No. 3297)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More