Perbanyak Baca Sholawat, Ini 10 Keutamaannya yang Luar Biasa

Jum'at, 06 Januari 2023 - 15:48 WIB
3. Mengikuti apa yang telah dilakukan para Malaikat yang mulia.

4. Menyelisihi kaum munafik dan kuffar durjana.

5. Menjadi penghapus kesalahan dan dosa-dosa.

6. Menyebabkan terpenuhinya berbagai hajat dan kebutuhan kita.

7. Menyinari lahiriyah dan batin kita.

8. Menyelamatkan dari azab neraka.

9. Menjadi penyebab masuknya kita dalam kenikmatan surga.

10. Mendapatkan salam (di surga) dari Allah 'Azza wa Jalla.

Anjuran Bersholawat di Hari Jumat

Dalam satu riwayat yang masyhur, Nabi shollallohu 'alaihi wasallam mengemukakan keutamaan bersholawat khususnya pada Hari Jumat. Beliau bersabda:

, إِنَّ مِنْ أَفْضَلِ أَيَّامِكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ، فِيهِ خَلَقَ اللَّهُ آدَمَ، وَفِيهِ قُبِضَ، وَفِيهِ النَّفْخَةُ، وَفِيهِ الصَّعْقَةُ، فَأَكْثِرُوا عَلَيَّ مِنَ الصَّلاَةِ فِيهِ، فَإِنَّ صَلاَتَكُمْ مَعْرُوضَةٌ عَلَيَّ

Atrtinya: "Sesungguhnya di antara hari-harimu yang paling utama adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan, pada hari itu beliau wafat, pada hari itu juga ditiup (sangkakala) dan pada hari itu juga mereka pingsan. Maka perbanyaklah sholawat kepadaku karena sholawat kalian akan disampaikan kepadaku."

Para sahabat pun penasaran, lalu bertanya kepada Rasulullah: "Bagaimana mungkin sholawat kami akan sampai pada engkau, sedangkan engkau telah hancur menjadi tanah?" Rasulullah menjawab: "Sesungguhnya Allah mengaharamkan bagi tanah (bumi) untuk menghancurkan jasad-jasad para Nabi." (HR Ibnu Majah No 1085)

Para sahabat juga pernah bertanya kepada Nabi: "Ya Rasulullah, bagaimana cara bersholawat kepadamu? Beliau mengatakan:

اللَّهُـمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَأَزْوَاجِهِ وَذُرِّيَّتِهِ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ، وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَأَزْوَاجِهِ وَذُرِّيَّتِهِ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ


Artinya: "Ya Allah, berilah sholawat kepada Nabi Muhammad, istri-istrinya, dan anak keturunannya, sebagaimana Engkau telah memberi sholawat kepada keluarga Ibrahim. Dan berilah keberkahan kepada Muhammad, istri-istrinya, dan anak keturunannya, sebagaimana Engkau telah memberi keberkahan kepada keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Mahamulia." (HR Al-Bukhari 3369, 6360; HR Muslim 407; HR Malik 400)

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
cover top ayah
وَمَنۡ نُّعَمِّرۡهُ نُـنَكِّسۡهُ فِى الۡخَـلۡقِ‌ؕ اَفَلَا يَعۡقِلُوۡنَ
Dan barangsiapa Kami panjangkan umurnya niscaya Kami kembalikan dia kepada awal kejadiannya. Maka mengapa mereka tidak mengerti?

(QS. Yasin Ayat 68)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More