Doa Berlindung dari Kelaparan dan Sifat Khianat

Senin, 16 Januari 2023 - 15:28 WIB
Dalam Islam diajarkan doa berlindung dari kelaparan yang dapat kita amalkan. Foto/dok Pinterest
Sudah menjadi sunnatullah bahwa manusia diuji dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Maka beruntunglah mereka yang sabar menghadapi ujian dari Allah.

Dalam satu riwayat, Rasulullah SAW mengajarkan doa perlindungan dari kelaparan. Terkadang, rasa lapar membuat seseorang menjadi gelisah dan tidak tenang. Bahkan bisa menjadi pemicu kejahatan.

Rasa lapar muncul karena kurangnya asupan kalori dan makanan bagi tubuh. Agar terhindar dari rasa lapar, berikut doa yang dapat kita amalkan.

Rasulullah juga mengajarkan sebuah doa untuk berlindung dari rasa lapar.

الَّذِي خَلَقَنِي فَهُوَ يَهْدِينِ , وَالَّذِي هُوَ يُطْعِمُنِي وَيَسْقِينِ




Alladzii khalaqanii fahuwa yahdiinii walladzii Huwa yuth'imunii wayasqiinii.

Artinya: "Allah, Zat yang telah menciptakan aku, maka Dia-lah yang menunjuki aku, dan Dia-lah memberi makan dan minum kepadaku." (Surat Asy-Syu'ara' ayat 78-79)

Doa yang Diajarkan Rasulullah SAW

أَللّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُبٍكَ مِنَ الْجُوْعِ فَإِنَّهُ بِئْسَ الضَّجِيْعُ وَأَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخِيَانَةِ فَإِنَّهَا بِئْسَتِ الْبِطَانَة


Allahumma ini a'udzu bika minal juu'i fa innahu bi'sadh-dhojii'u, wa a'udzubika minal khiyanati fainnaha bi-satil bithoonah.

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelaparan, karena ia merusak lambung, dan aku berlindung kepada-Mu dari perbuatan khianat, karena ia merusak kepribadian." (HR Ahmad)



Wallahu A'lam
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Hadits of The Day
Dari Abdullah, ia berkata, Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:  Setiap kalian adalah pemimpin, dan setiap kalain akan dimintai pertanggungjawabannya. Seorang laki-laki adalah pemimpin atas keluarganya dan ia akan dimintai pertanggungjawabannya. Seorang wanita adalah pemimpin atas rumah suaminya, dan ia pun akan dimintai pertanggungjawabannya. Dan seorang budak juga pemimpin atas atas harta tuannya dan ia juga akan dimintai pertanggungjawabannya.  Sungguh setiap kalian adalah pemimpin dan setiap kalian akan dimintai pertanggungjawabannya.

(HR. Bukhari No. 4789)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More