SYIAR: Ibadah Puasa Momentum Akhiri Covid

Ustad: Dr. Amirsyah Tambunan

Kultum Syiar bersama Ustaz Dr. Amirsyah Tambunan membahas tentang Ibadah Puasa momentum Akhiri Covid, kewajiban menjalankan ibadah puasa pada orang yang beriman karena orang beriman memiliki kesegaran yang kuat sekaligus tanggung jawab serta amanah oleh Allah SWT. Disatu sisi merupakan kewajiban sedangkan sisi lain merupakan kebutuhan, karena kita manusia biasa butuh untuk mengendalikan diri butuh untuk mengendalikan hawa nafsu dan tetap taat kepada Allah SWT. Semoga di dalam Ibadah Puasa Ramadhan dapat menjadi momentum kita untuk meraih kesempatan kemenangan serta kita dapat keluar dari pandemi Covid 19.

(nas)

cover top ayah
لَا يُكَلِّفُ اللّٰهُ نَفۡسًا اِلَّا وُسۡعَهَا ‌ؕ لَهَا مَا كَسَبَتۡ وَعَلَيۡهَا مَا اكۡتَسَبَتۡ‌ؕ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذۡنَاۤ اِنۡ نَّسِيۡنَاۤ اَوۡ اَخۡطَاۡنَا ‌ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحۡمِلۡ عَلَيۡنَاۤ اِصۡرًا كَمَا حَمَلۡتَهٗ عَلَى الَّذِيۡنَ مِنۡ قَبۡلِنَا ‌‌ۚرَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلۡنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖ‌ ۚ وَاعۡفُ عَنَّا وَاغۡفِرۡ لَنَا وَارۡحَمۡنَا ۚ اَنۡتَ مَوۡلٰٮنَا فَانۡصُرۡنَا عَلَى الۡقَوۡمِ الۡكٰفِرِيۡنَ
Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya. (Mereka berdoa), “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.”

(QS. Al-Baqarah:286)
cover bottom ayah