Syiar: Jihad Terbesar adalah Memerangi Hawa Nafsu Kita

Ustadz: Asep Lili Muhtadin S.H

Kultum Syiar Bersama Ustadz Asep Lili Muhtadin S.H mengulas tentang Jihad Memerangi Hawa Nafsu. Jihad merupakan perintah Allah SWT, namun kita jangan salah mengartikan jihad, bom bunuh diri bukan jihad, karena sesunggiuhnya Allah SWT melarang terhadap semua makhluknya untuk bunuh diri menyakiti ruh dan badannya.

Jihad itu banyak macamnya, terlebih di dalam bulan Ramadhan seperti saat ini, jihad yang terbesar dalam berpuasa adalah bisa memerangi hawa nafsu kita, menahan amarah, takabur, riya. Hendaknya dapat menahan amarah dengan istighfar kepada Allah SWT, jika kita dapat menahan hawa nafsu Insya Allah kita akan selamat dunia akhirat.

Sesungguhnya jihad di jalan Allah SWT dapat dilakukan dengan cara kita menghormati, menjunjung tinggi, menghargai dan memuliakan orangtua kita, dapat menafkahi anak dan istri dengan bekerja dengan baik, dan hendaknya kita harus bisa lebih banyak memberi daripada meminta.

(nas)

cover top ayah
وَقَالَ رَبُّكُمُ ادۡعُوۡنِىۡۤ اَسۡتَجِبۡ لَـكُمۡؕ اِنَّ الَّذِيۡنَ يَسۡتَكۡبِرُوۡنَ عَنۡ عِبَادَتِىۡ سَيَدۡخُلُوۡنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيۡنَ
Dan Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.”

(QS. Ghafir:60)
cover bottom ayah