alexametrics

Jalan Menuju Kemudahan adalah Kesukaran - Ustaz Haikal Hasan

Ada kisah satu kepompong yang telah memasuki waktu untuk terbuka menjadi kupu-kupu namun karena belum kunjung keluar, ahli serangga melubangi lubang tempat keluar kepompong itu. Ditunggu dan ditunggu, namun yang keluar bukan seekor kupu-kupu tetapi seekor ngengat dengan sayap kecil terlipat dan dia berjalan seumur hidupnya tidak bisa terbang.
Kisah ini membuka cakrawalla kita bahwa untuk terbang, kupu-kupu itu membutuhkan sebuah kesukaran, sebuah kepedihan. Kepompong itu memang kecil lubangnya, namun dia harus melaluinya. Sakit memang, tergores memang, tapi goresan itulah yang membuat sayap kupu kupu itu terbuka lebar. Goresan itu memang pedih dan mebuat tubuh gempal kepompong itu keluar cairan dan teriris-iris dengan pedih serta sakit. Namun itulah yang membuat tubuhnya kempes kecil dan akhirnya sayapnya terbuka lebar dan mampu terbang. Pelajaran ini membuat kita semakin sadar bahwa jalan menuju kemudahan itu adalah kesukaran.
Simak tausiyah dari Ustaz Haikal Hasan selengkapnya dalam video berikut ini.

(lex)
cover top ayah
يَوۡمَ نَـطۡوِىۡ السَّمَآءَ كَطَـىِّ السِّجِلِّ لِلۡكُتُبِ‌ ؕ كَمَا بَدَاۡنَاۤ اَوَّلَ خَلۡقٍ نُّعِيۡدُهٗ‌ ؕ وَعۡدًا عَلَيۡنَا‌ ؕ اِنَّا كُنَّا فٰعِلِيۡنَ
Ingatlah pada hari langit Kami gulung seperti menggulung lembaran-lembaran kertas. Sebagaimana Kami telah memulai penciptaan pertama, begitulah Kami akan mengulanginya lagi. Suatu janji yang pasti Kami tepati, sungguh, Kami akan melaksanakannya.

(QS. Al-Anbiya:104)
cover bottom ayah
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak