alexametrics

Puasa Ramadhan, Jalan Menuju Rahmah - Imam Shamsi Ali

Manusia itu adalah makhluk sosial dalam artian bahwa manusia tidak mungkin akan bisa hidup sendiri tanpa manusia yang lain di sekitarnya. Kita saling tergantung, yang kaya membutuhkan yang miskin, yang miskin membutuhkan mereka yang kaya, mereka yang memerintah membutuhkan rakyat, rakyat membutuhkan pemerintahan. Maka dalam kehidupan terjadi saling tergantung dan terkait. Islam mengajarkan kepada kita semua untuk selalu membangun apa yang disebut dengan human solidarity atau solidaritas kemanusiaan.

Berpuasa sesungguhnya adalah pelatihan paling mendasar untuk kita bisa membangun solidaritas kemanusiaan. Sebab di saat kita laparlah kita bisa merasakan bagaimana perasaan mereka yang tidak berpunya. Di saat kita dahaga kita bisa merasakan perasaan bagaimana mereka yang tidak memiliki air bersih untuk minum. Di saat-saat seperti inilah kita merasakan keadaan lemah, tidak memiliki apa-apa. Maka sungguh itu akan membangun rasa solidaritas karena kita merasakan apa yang dirasakan oleh mereka yang tidak terlalu beruntung seperti kita.

Simak tausiyah Imam Besar Masjid New York Amerika Serikat, Shamsi Ali selengkapnya dalam video berikut.

(lex)
cover top ayah
وَاسۡتَعِيۡنُوۡا بِالصَّبۡرِ وَالصَّلٰوةِ ‌ؕ وَاِنَّهَا لَكَبِيۡرَةٌ اِلَّا عَلَى الۡخٰشِعِيۡنَۙ
Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat. Dan (shalat) itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk,

(QS. Al-Baqarah:45)
cover bottom ayah
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak