Menabung 20 Tahun, ART Asal Kota Batu Bisa Naik Haji

Kalimat talbiyah kini bisa dilantunkan oleh Tukah (62) jelang keberangkatannya ke tanah suci, 16 Juni mendatang. Wanita paruh baya ini bahagia impiannya untuk berangkat beribadah haji terwujud.

Warga Desa Sumbergondo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jatim ini melewati proses yang tak mudah. Untuk bisa mengumpulkan biaya haji, sejak tahun 2002 ia menabung sedikit demi sedikit.

Dari hasilnya bekerja keras sebagai asisten rumah tangga (ART). Ia pun berpisah dengan anaknya di Batu, Tukah berjuang ke Kota Malang.

Tiap hari ia berdoa, agar usahanya bisa mewujudkan impiannya menginjakkan kaki di tanah suci. Hal tersebut terwujud di tahun 2020, namun ia harus bersabar karena pandemi Covid-19.

Tukah bersyukur tahun ini, ia dijadwalkan bisa berangkat haji masuk dalam kloter 20. Dia menyiapkan dua koper, berisi pakaian, obat-obatan dan perlengkapan haji secukupnya.

Perjuangan dan kesabaran Tukah bekerja, berbuah manis setelah 20 tahun. Ini membuktikan siapapun bisa berangkat beribadah haji, asalkan memiliki niat dan kemauan kuat.

Kontributor : Deni Irwansyah

(sir)