Ucap Salam, Amalan Ringan yang Manfaatnya Luar Biasa

Rabu, 15 Juli 2020 - 06:34 WIB
loading...
A A A
4. Salah satu sarana untuk mempererat persatuan kaum muslimin, tersebarnya kecintaan dan kasih sayang di antara mereka, dan menghilangkan kedengkian dan kebencian dari dalam hati mereka. Sebab, ia adalah kunci untuk membuka banyak hati manusia. Dengan demikian salam adalah jalan menuju kecintaan. Sedangkan kecintaan adalah jalan menuju keimanan, dan keimanan adalah jalan menuju surga.

5. Sebagai salah satu sebab yang dapat menyempurnakan iman.

Diriwayatkan dari Ammar bin Yasir bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wa salam bersabda; "Tiga perkara yang barangsiapa menyempurnakannya, niscaya ia telah menyempurnakan iman: (1) introspeksi terhadap dirimu. (2) menebar salam, (3) dan berinfak di saat sulit."

6. Salah satu sebab memperoleh berkah bagi yang memberi salam dan yang menerimanya.

Dari Anas ra, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda kepadaku, "Wahai anakku, apabila engkau memasuki rumah keluargamu, maka ucapkanlah salam, niscaya itu akan menjadi bagi engkau dan keluargamu."

7. Memberikan rasa dengki bagi orang-orang Yahudi dan orang-orang yang dimurkai Allah.
Berdasarkan riwayat dari Aisyah radhiyallahu'anhu. bahwa Nabi SAW bersabda, "Tidak ada sesuatu yang membuat kaum Yahudi merasa dengki/iri kepada kalian, seperti mereka iri kepada kalian atas ucapan salam dan amin." (Baca juga : Inilah Tiga Amalan Sunnah Sebelum Keluar untuk Bekerja )

8. Termasuk salah satu sebab masuk surga.

Berdasarkan riwayat dari Abu Yusuf Abdullah bin Salam ra ia berkata, "Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, :

"Wahai manusia, sebarkanlah salam, berilah makan orang miskin, sambungkan tali silahturahmi, dan salatlah di malam hari, saat orang-orang sedang tidur, niscaya kalian akan masuk surga dengan damai."

Inilah tuntunan Islam dalam mempererat hubungan persaudaraan di antara kaum muslimin. Tentunya, harus kita tinggalkan kebiasaan-kebiasaan yang jauh dari tuntunan Rasulullah SAW . Sebagai gantinya, menghidupkan sunnah yang demikian benderang ini dalam kehidupan kita dan anak-anak kita.

Wallahu A'lam
(wid)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1041 seconds (0.1#10.140)