Topik Terkait: Persatuan Indonesia

  • Menjaga Nilai-Nilai Ramadan dan Idulfitri untuk Wujudkan Persatuan Bangsa
    Dunia Islam
    Selasa, 02 Mei 2023 - 21:29 WIB
    Nilai-nilai ibadah dan keluhuran yang dijalankan di bulan Ramadan perlu dijaga dan diimplementasikan untuk membentuk insan yang bertakwa kepada Allah SWT demi mewujudkan persatuan bangsa.
  • Wawasan Kebangsaan Dalam Al-Quran (2): Persatuan Bukan Penyatuan
    Tausyiah
    Jum'at, 16 April 2021 - 17:29 WIB
    Makna kata umat dalam Al-Quran sangat lentur, dan mudah menyesuaikan diri. Tidak ada batas minimal atau maksimal untuk suatu persatuan. Yang membatasi hanyalah bahasa.
  • Pesan Pentingnya Persatuan dalam Surat Ali Imran Ayat 105
    Tausyiah
    Kamis, 15 Februari 2024 - 10:09 WIB
    Di dalam Al Quran terdapat banyak ayat yang mengajarkan pentingnya kesatuan dan keharmonisan di antara umat manusia. Salah satunya surat Ali Imran ayat 105
  • Inilah Jasa Palestina bagi Kemerdekaan Indonesia
    Dunia Islam
    Jum'at, 17 November 2023 - 14:36 WIB
    Jasa Palestina bagi Kemerdekaan Indonesia cukup besar dan sangat berarti. Mengapa? Karena Palestina-lah negera yang ikut andil dalam pengakuan kemerdekaan Republik Indonesia untuk pertama kalinya.
  • MUI Serahkan Bantuan Rp19 Miliar untuk Pembangunan RS Indonesia Hebron Palestina
    Dunia Islam
    Senin, 24 Mei 2021 - 17:37 WIB
    Majelis Ulama Indonesia (MUI) secara simbolik resmi memberikan bantuan dana sebesar Rp19 miliar kepada pemerintah Palestina untuk pembangunan Rumas Sakit Indonesia Hebron (RSIH).
  • cover top ayah
    وَقُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنٰتِ يَغۡضُضۡنَ مِنۡ اَبۡصَارِهِنَّ وَيَحۡفَظۡنَ فُرُوۡجَهُنَّ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنۡهَا‌ وَلۡيَـضۡرِبۡنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوۡبِهِنَّ‌ۖ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اٰبَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اٰبَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اَخَوٰتِهِنَّ اَوۡ نِسَآٮِٕهِنَّ اَوۡ مَا مَلَـكَتۡ اَيۡمَانُهُنَّ اَوِ التّٰبِعِيۡنَ غَيۡرِ اُولِى الۡاِرۡبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفۡلِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يَظۡهَرُوۡا عَلٰى عَوۡرٰتِ النِّسَآءِ‌ۖ وَلَا يَضۡرِبۡنَ بِاَرۡجُلِهِنَّ لِيُـعۡلَمَ مَا يُخۡفِيۡنَ مِنۡ زِيۡنَتِهِنَّ‌ ؕ وَتُوۡبُوۡۤا اِلَى اللّٰهِ جَمِيۡعًا اَيُّهَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ
    Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

    (QS. An-Nur Ayat 31)
    cover bottom ayah
  • Internet Membantu Mengantarkan Era Baru Yudaisme di Indonesia
    Dunia Islam
    Senin, 06 November 2023 - 14:20 WIB
    Dalam merayakan Purim baru-baru ini, misalnya, berbagai komunitas kecil di berbagai kota mengadakan ritualnya masing-masing namun berkumpul secara online melalui Zoom.
  • Teuku Wisnu Hingga UYM Wujudkan Mimpi Bangun Masjid Pertama Indonesia di London
    Dunia Islam
    Rabu, 05 Mei 2021 - 09:08 WIB
    Empat bintang Instagram dengan pengikut jutaan orang kompak mendukung ikhtiar mewujudkan mimpi membangun masjid pertama Indonesia di Ibu Kota Inggris, London. Mereka adalah Teuku Wisnu, Arie Untung, Salim A. Fillah dan Yusuf Mansur.
  • Pusat Medis Madinah Selamatkan Jemaah Haji Indonesia setelah Jantungnya Berhenti 8 Menit
    Dunia Islam
    Kamis, 15 Juni 2023 - 09:30 WIB
    Tim medis di Pusat Medis Bandara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdulaziz Madinah berhasil menyelamatkan jemaah haji Indonesia yang jantungnya berhenti selama 8 menit setelah mendarat di bandara.
  • Merajut Rekonsiliasi di Bulan Suci Ramadan, Ormas Keagamaan Berperan Penting
    Dunia Islam
    Sabtu, 30 Maret 2024 - 20:57 WIB
    Bulan suci Ramadan menjadi momen penuh berkah bagi umat Islam untuk menjalankan ibadah puasa dan waktu yang tepat merekatkan kembali persatuan lintas agama.
  • Integrasi Arab, Tahapan Proses Pengintegrasian Negara-Negara Muslim
    Tausyiah
    Kamis, 18 Januari 2024 - 15:21 WIB
    Bukankah Arab merupakan masyarakat sekaligus negara? Arab dapat menjadi kesatuan masyarakat yang selama ini merupakan gugusan negara-negara yang terpecah belah.
  • 44 Mahasiswa Indonesia Raih Sarjana Syariah di Universitas Al-Ahgaff Yaman
    Dunia Islam
    Sabtu, 17 Juli 2021 - 20:53 WIB
    Sebanyak 44 mahasiswa Indonesia meraih gelar Sarjana di dua fakultas Universitas Al-Ahgaff, Tarim, Yaman, Kamis (15/7/2021). Indonesia kembali dominasi wisuda di kampus Islam favorit itu.
  • Bermuhasabah Diri dan Meneladani Sifat Rasulullah dalam Berbangsa
    Dunia Islam
    Senin, 10 Oktober 2022 - 05:14 WIB
    Ketua Pengurus Besar Al-Washliyah, Mahmudi Affan Rangkuti menilai pentingnya bermuhasabah sebagai refleksi diri dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.
  • Doa Khotmil Quran Bahasa Arab dan Indonesia
    Tips
    Senin, 06 Desember 2021 - 14:47 WIB
    Doa khotmil Quran adalah doa yang dibaca setelah selesai menamatkan (khatam) Al-Quran. Berikut bacaan doa khotmil Quran bahasa Arab dan Indonesia.
  • Sambut Ramadhan 2023, Dewan Masjid Indonesia Serukan 5 Hal
    Dunia Islam
    Sabtu, 25 Februari 2023 - 06:45 WIB
    Dewan Masjid Indonesia (DMI) mengeluarkan surat edaran kepada pengurus masjid dan musholla dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan Tahun 2023.
  • Ini Fatwa yang Lengserkan Sultan Abdul Hamid II dan Hancurkan Khilafah Utsmani
    Hikmah
    Minggu, 02 Agustus 2020 - 05:00 WIB
    Sesungguhnya ini tak lebih dari perbuatan orang-orang Yahudi yang mengancam khilafah, lalu apa maksud kalian datang dengan membawa orang ini (Emanuel) datang ke hadapanku?
  • Niat Puasa Ramadhan Bahasa Indonesia, Arab, dan Inggris
    Tips
    Kamis, 14 September 2023 - 22:59 WIB
    Niat puasa Ramadhan bahasa Indonesia, Arab, dan Inggris menjadi informasi penting bagi umat Islam. Sekadar info, Puasa Ramadhan 1445 Hi akan jatuh antara tanggal 11 atau 12 Maret 2024.
  • Ustaz Budi Ashari: Indonesia Pernah Besar dengan Ilmu dan Islam
    Hikmah
    Jum'at, 20 Agustus 2021 - 15:25 WIB
    Mari kenali sejarah, kita tengok ke belakang bagaimana negeri ini dulu pernah besar dengan ilmu dan Islam. Kejayaan ini dicapai berkat jihadnya para Ulama.
  • Ulama Indonesia yang Paling Banyak Menulis Kitab
    Dunia Islam
    Rabu, 23 Maret 2022 - 07:45 WIB
    Ulama Indonesia yang paling banyak menulis kitab adalah orang-orang berpengaruh pada zamannya. Karya mereka sangat terkenal dan hingga kini masih dipelajari.
  • Azyumardi Azra: Islam Pemersatu Berbagai Suku di Nusantara
    Dunia Islam
    Minggu, 21 Agustus 2022 - 15:31 WIB
    Islam mengatasi perbedaan-perbedaan yang terdapat di antara berbagai suku bangsa dan menjadi supraidentity yang mengatasi batasan-batasan geografis, sentimen etnis, identitas kesukuan, adat istiadat, dan tradisi lokal lainnya.
  • Kebersamaan antarumat beragama ruh Indonesia
    Hikmah
    Kamis, 01 Agustus 2013 - 07:15 WIB
    Sekitar 700 orang yang datang dari berbagai kelompok agama menyanyikan lagu Ayo Rukun Bersatu dalam kegiatan buka puasa bersama di Kelenteng Hok An Kiong Muntilan, Kabupaten Magelang.