3 Keutamaan Membaca Surat Yasin Setiap Hari

Selasa, 31 Januari 2023 - 18:51 WIB
loading...
3 Keutamaan Membaca Surat Yasin Setiap Hari
Keutamaan membaca Surat Yasin setiap hari di antaranya menjadi sebab diampuninya dosa-dosa. Foto/ist
A A A
Keutamaan membaca Surat Yasin setiap hari di antaranya menjadi wasilah dipermudah urusan atas izin Allah. Sebagaimana pendapat yang masyhur, Surat Yasin adalah jantungnya (kalbu) Al-Qur'an.

Surat Yasin merupakan surat ke-36 dalam mushaf Al-Qur'an terdiri 83 ayat (golongan surat Makkiyyah). Surat ini diturunkan sesudah surat Jin. Dinamai Yasin karena surat ini diawali dengan يٰسٓ (Yasin).

Salah satu keistimewaan Surat Yasin, sesudah huruf يٰسٓ, Allah bersumpah dengan Al-Quran bahwa Muhammad SAW benar-benar seorang Rasul yang diutus-Nya kepada kaum yang belum pernah diutus kepada mereka Rasul-rasul.

Keutamaaan membaca Surat Yasin setiap hari setidaknya memiliki tiga fadhilah. Barangsiapa yang istiqamah membacanya setiap hari maka dosa-dosanya diampuni Allah. Berikut tiga keutamaan membaca Surat Yasin setiap hari.

1. Dimudahkan Urusan
Dalam tafsir Ibnu Katsir disebutkan, setiap ada perkara sulit, kemudian dibacakan Surat Yasin maka Allah memudahkan perkara itu. Berikut keterangannya:

وَلِهَذَا قَالَ بَعْضُ الْعُلَمَاءِ: مِنْ خَصَائِصِ هَذِهِ السُّورَةِ: أَنَّهَا لَا تُقْرَأُ عِنْدَ أَمْرٍ عَسِيرٍ إِلَّا يَسَّرَهُ اللَّهُ. وَكَأَنَّ قِرَاءَتَهَا عِنْدَ الْمَيِّتِ لِتُنْزِلَ الرَّحْمَةَ وَالْبَرَكَةَ، وَلِيَسْهُلَ عَلَيْهِ خُرُوجُ الرُّوحِ، وَاللَّهُ أَعْلَمُ

Artinya: "Sebagian ulama berkata: 'Di antara keistimewaan surat ini (surat Yasin), sesungguhnya tidaklah Surat Yasin dibacakan pada suatu perkara suit, melainkan Allah memudahkannya. Seakan-akan dibacakannya surat Yasin di sisi orang yang sedang menghadapi ajalnya agar turun rahmat dan berkah serta memudahkan baginya keluarnya ruh." Wallahu A'lam.

2. Dikabulkannya Hajat dan Doa
Keutamaan membaca Surat Yasin setiap hari dapat mempermudah dikabulkan hajat dan doa. Dalam hadits yang diriwayatkan Abu Daud dijelaskan:

من قرأ سورة يس والصافات ليلة الجمعة أعطاه الله سؤله

Artinya: "Barangsiapa membaca Surat Yasin dan Ash-Shaffat pada malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya." (HR Abu Daud dari al-Habr). Meski sanadnya terputus dan tergolong lemah, para ulama membolehkan mengamalkannya untuk keutamaan beramal, asalkan tidak tergolong Hadis Maudhu'.

3. Dosa-dosanya Diampuni Allah
Keutamaan lain membaca Surat Yasin dapat menjadi sebab diampuninya dosa-dosa. Apalagi jika dibaca sebanyak 3 kali dengan mengharap ridho Allah. Berikut sabda Nabi shollallahu 'alaihi wasallam:

مَنْ قَرَأَ يس فِيْ لَيْلَةٍ اِبْتِغَاءَ وَجْهِ اللهِ غُفِرَ لَهُ

Artinya: "Siapa yang membaca (surat) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridhaan Allah maka diampuni dosa-dosanya." (HR At Thabroni/145, 418 dan Al-Baihaqi/2360, 2361 dari Abu Huroiroh, Ad Darimi/3478 dari Hasan, Disahihkan oleh Ibnu Hibban/2626) Dalam Tafsir Ibnu Katsir disebutkan: "Barang siapa yang membaca Surat Yasin di malam hari, maka pagi harinya dia diampuni..." (HR Abu Ya'la No 2467)

Bahkan dalam satu riwayat At-Thabrani dijelaskan bahwa seseorang yang membaca Surat Yasin setiap malam maka ia akan dipermudah ajalnya. "Barang siapa yang membiasakan membaca Yasin setiap malam maka tanpa terduga dia menemui ajalnya, maka matinya dalam keadaan syahid." (HR At-Thabrani dari Anas bin Malik)

Demikian beberapa keutamaan membaca Surat Yasin setiap hari. Semoga bermanfaat.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1673 seconds (0.1#10.140)