Mengenal 20 Sahabat Nabi Muhammad SAW dari Kalangan Perempuan

Jum'at, 24 Februari 2023 - 16:36 WIB
loading...
A A A
15. Habibah binti Sahal
Perempuan dari kalangan Anshar ini memiliki kisah menarik. Habibah binti Sahal menjadi permpuan pertama yang melakukan gugatan cerai dalam sejarah Islam. Rasulullah SAW menawarkan jalan perceraian bagi Habubah dan suaminya. Pada akhirnya, kasus Habibah binti Sahal ditutup dengan dikabulkannya khulu' (gugatan cerai) dengan mengembalikan mahar dari suaminya berupa pengembalian kebun.

16. Arwa binti Kuraiz
Salah seorang sahabat Nabi Muhammad dari kalangan perempuan. Beliau Ibu dari sahabat terkemuka Utsman bin 'Affan. Arwa binti Kuraiz memeluk Islam dan hijrah ke Madinah setelah putrinya, Ummu Kultsum binti Uqbah. Beliau kemudian berbaiat kepada Nabi Muhammad SAW dan tinggal di Madinah sampai wafatnya pada masa kekhalifahan putranya, Utsman ibn Affan.

17. Ummu Athiyyah Al-Anshariyah
Ummu Athiyyah Al-Anshariyah adalah wanita Anshar bernama asli Nusaibah binti Al-Harits namun (kunyahnya Ummu Athiyyah). Beliau memeluk Islam dan berbai'at aqabah langsung kepada Rasulullah SAW bersama 71 wanita lainnya. Ummu Athiyyah ikut tujuh peperangan bersama Rasulullah, di antaranya Perang Khaibar. Bbeliau membuat makanan bagi pasukan, mengobati yang terluka, dan merawat yang sakit.

18. Umaimah binti Shubaih
Beliau dikenal sebagai Ibu dari Abu Hurairah, seorang perawi yang paling banyak meriwayatkan hadis Nabi Muhammad. Umaimah adalah sosok sahabiyah yang diberi umur panjang. Usianya mencapai akhir masa Khalifah keempat. Beliau meninggal dunia di Madinah.

19. Asma binti Abu Bakar
Asma binti Abu Bakar dikenal sebagai punya andil besar membantu Rasulullah SAW dan Abu Bakar ketika Hijrah dari Makkah ke Madinah. Beliau adalah perempuan salehah, sederhana dan pemberani, pernah terlibat dalam perang fii sabilillah. Beliau menjadi pejuang di perang Yarmuk bersama suaminya, Zubair bin Awwam. Hidup hingga usia 100 tahun.

20. Ummu Khalid binti Khalid
Beliau berasal dari suku Quraisy bernama asli Amah. Ummu Khalid lahir di Habasyah (Ethiopia) karena kedua orang tuanya ikut hijrah ke Habasyah ketika kezaliman kaum kafir Quraisy Makkah makin menjadi-jadi. beliau seoranmg Sahabaiyah berumur panjang. Ibnu Hajar Al-Asqalani dalam Fath Al-Bari, "Pakailah baju ini sampai tua dan lusuh." Demikian doa Rasulullah untuk Ummu Khalid. Ummu Khalid pun berumur panjang sampai baju yang dihadiahkan Rasulullah itu menjadi tua dan lusuh.

Itulah beberapa sahabat Nabi Muhammad SAW dari kalangan perempuan yang dapat kita jadikan teladan. Selain di atas, masih banyak sahabiyah yang jumlah mencapai ribuan orang. Semoga ulasan ini bermanfaat.

(rhs)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1101 seconds (0.1#10.140)