8 Keistimewaan Syaban, Waktu yang Baik Memperbanyak Istighfar dan Doa

Senin, 27 Februari 2023 - 07:15 WIB
loading...
A A A
7. Bulan Diangkatnya Amal Manusia
Bulan Syaban juga menjadi waktu diangkatnya amalan manusia sebagaiman disampaikan Rasulullah SAW dalam salah satu hadisnya.

ذَلِكَ شَهْرٌ يَغْفُلُ النَّاسُ عَنْهُ بَيْنَ رَجَبٍ وَرَمَضَانَ، وَهُوَ شَهْرٌ تُرْفَعُ فِيهِ الْأَعْمَالُ إِلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ، فَأُحِبُّ أَنْ يُرْفَعَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ

Artinya: "Ini adalah bulan yang sering dilalaikan banyak orang, bulan antara Rajab dan Ramadhan. Ini adalah bulan dimana amal-amal diangkat menuju Rab semesta alam. Dan saya ingin ketika amal saya diangkat, saya dalam kondisi berpuasa." (HR An-Nasa'i, Ahmad)

8. Bulan Turunnya Rahmat Allah
Pada bulan Syaban, Allah menurunkan rahmat-Nya yaitu pada malam pertengahan Syaban atau disebut malam Nisfu Syaban. Dari Abu Bakar As-Shiddiq bahwa Rasulullah SAW bersabda:

ينزل االله إلى السماء الدنيا ليلة النصف من شعبان فيغفر لكل شيء إلا لرجل مشرك أو رجل في قلبه شحناء

Artinya: "Allah turun ke langit dunia ini dengan menurunkan rahmat‐Nya pada malam Nisfu Syaban, sehingga Allah mengampuni segala sesuatu kecuali orang yang musyrik dan orang yang di dalam hatinya terdapat kedengkian." (HR Al-Baihaqi dan Al-Bazzar)

Demikian keistimewaan bulan Syaban yang perlu diketahui umat muslim. Semoga kita dapat mengisinya dengan amal saleh dan tidak termasuk golongan orang-orang yang melalaikannya.

Wallahu A'lam

(rhs)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2241 seconds (0.1#10.140)