Astaghfirullah, Dosa Riba Paling Ringan Seperti Menzinai Ibu Sendiri

Kamis, 16 Juli 2020 - 20:28 WIB
loading...
A A A
Maksud perkataan 'mereka semua itu sama', Syeikh Shafiyurraahman Al-Mubarakfury mengatakan: "Yaitu sama dalam dosa atau sama dalam beramal dengan yang haram. Walaupun mungkin bisa berbeda dosa mereka atau masing-masing dari mereka dari yang lainnya". (Minnatul Mun'im fi Syarhi Shahihil Muslim, 3/64)

Dosa Riba Paling Ringan
Dari Ibnu Mas'ud Radhiyallahu 'Anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

الرِّبَا ثَلاَثَةٌ وَسَبْعُونَ بَابًا؛ أَيْسَرُهَا مِثلُ أَن يَنْكِحَ الرَّجُل أُمَّه، وَإنّ أَربَى الرِّبَا عِرضُ الرَّجُل الـمُسْلِم

" Riba itu ada 73 pintu, yang paling ringan, seperti orang yang berzina dengan ibunya. Dan riba yang paling riba adalah kehormatan seorang muslim." (HR Al-Hakim no. 2259)

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

دِرْهَمُ رِبًا يَأْكُلُهُ الرَّجُلُ وَهُوَ يَعْلَمُ أَشَدُّ مِنْ سِتَّةِ وَثَلاَثِيْنَ زَنْيَةً

"Satu dirham yang dimakan oleh seseorang dari transaksi riba sedangkan dia mengetahui, lebih besar dosanya daripada melakukan perbuatan zina sebanyak 36 kali". (HR Ahmad dan Al-Baihaqi dalam Syu'abul Iman)

Dari Ibnu Mas'ud radhiyallaahu 'anhu, dari Nabi Muhammad shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda:

مَا أَحَدٌ أَكْثَرَ مِنَ الرِّبَا إِلاَّ كَانَ عَاقِبَةُ أَمْرِهِ إِلَى قِلَّةٍ

" Riba membuat sesuatu jadi bertambah banyak. Namun ujungnya riba makin membuat sedikit (sedikit jumlah, maupun sedikit berkah)". (HR Ibnu Majah No. 2279; Al-Hakim, 2:37. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih)

Demikian tausiyah Syeikh Ahmad Al-Mishri terkait bahaya riba dalam kehidupan. Mudah-mudahan Allah memberikan kita hidayah dan taufiq, menjauhkan kita dari riba , memuliakan kita dunia dan akhirat. (Baca Juga: Hindari Riba, Diusulkan Bentuk BPJS Syariah)

Wallahu Ta'ala A'lam
(rhs)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2681 seconds (0.1#10.140)