Sudahkah Para Ibu Bertekad Punyai Anak yang Hafiz Qur'an?

Jum'at, 17 Juli 2020 - 06:15 WIB
loading...
A A A
Jika si janin sudah mendapat didikan Al-Qur'an, maka kelak si bayi akan menjadi generasi Qur’ani . Lisannya selalu basah dengan Al-Quran dan prilakunya dipenuhi cahaya Al-Qur'an. Mereka itulah generasi yang lahir dari rahim ibu yang senantiasa menyiapkan anaknya untuk Al-Quran. Kelak si anak akan menjadikan Al-Qur'an sebagai pedoman hidup mereka, meyakini kebenaran Al Quran, membaca dan memahaminya dengan benar dan baik, serta mengamalkannya dalam seluruh aspek kehidupan mereka. Generasi itulah yang menjadi idaman bagi umat Islam kapan dan di mana pun mereka hidup dan berada.

Para ibu harus melalui fase tersebut untuk mendapatkan keberkahan dan kemudahan dalam mendidik anak-anak khususnya dalam menghafal Al-Qur'an. Jika anak sudah mulai usia belajar, maka alangkah baiknya dibimbing atau diarahkan masuk di sekolah-sekolah atau pesantren yang mengembangan program tahfiz Qur'an . Apalagi, banyak sekali keutamaan bagi siapapun yang senantiasa membaca Al-Quran akan mendapatkan kesempurnaan pahala dan senantiasa bertambah karunia.

Agar para orang tua termotivasi mengajarkan dan membimbing sang anak agar mencintai Al-Qur'an, maka hadis ini bisa menjadi pengingat :

عَنْ عُثْمَانَ – رضى الله عنه- عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ «خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ» رواه البخاري

"Ustman bin Affan radhiyallahu ‘anhu berkata, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, sebaik-baik kalian adalah yang belajar Al-Quran dan mengajarkannya.” (HR Bukhari).

Al Hafiz Ibnu Katsir dalam kitabnya Fadhail Quran berkata, maksud dari sabda Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam “Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Alquran dan mengajarkan kepada orang lain” adalah, bahwa itulah sifat-sifat orang-orang mukmin yang mengikuti dan meneladani para rasul. Mereka telah menyempurnakan diri sendiri dan menyempurnakan orang lain (dalam hal belajar dan mengajar Qur'an). Oleh sebab itu, marilah para orang tua, terutama para ibu, mulai saat ini perkuat tekad untuk mendidik anak agar mencintai Qur'an. Bahkan, bimbing anak agar menjadi hafiz dan hafizah. (Baca juga : Darah Istihadhah dan Hukum Wanita yang Mengalaminya )

Wallahu A'lam.
(wid)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2703 seconds (0.1#10.140)