5 Sunnah Sahur dan Berbuka Puasa Ramadan yang Penting Diketahui

Sabtu, 18 Maret 2023 - 09:34 WIB
loading...
A A A
Ada sebuah doa yang diajarkan nabi ketika berdoa. Yakni bacalah: “Dzahabazh zhoma-u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah (Rasa haus telah hilang dan urat-urat telah basah, dan pahala telah ditetapkan insya Allah).” (HR. Abu Daud).

Doa ini dilafadzkan ketika sudah menelan sesuap makanan ataupun seteguk air. Setelah itu, baru dilanjutkan menyantap kembali hidangan berbuka. Selain itu, doa apapun boleh dipanjatkan ketika waktu berbuka atau sepanjang waktu berpuasa.

5. Memberi makanan berbuka

Mengamalkan sunnah nabi di kala berbuka juga bisa dilakukan dengan bersedekah. Pahala yang dijanjikan sangatlah besar untuk mereka yang memberi makanan berbuka. Rasulullah bersabda tentangnya,

“Barang siapa memberi makan seorang yang berpuasa, ia mendapatkan pahala seperti orang yang berpuasa tanpa mengurangi sedikit pun pahalanya.” (HR Ahmad, Tirmidzi, dan Ibnu Majah).

Sebaliknya, jika diundang orang lain untuk berbuka puasa, maka penuhilah undangan tersebut. Sebab, rumah seseorang yang mengundang berbuka puasa akan mendapat shalawat dari malaikat. Nabiyullah mengajarkan doa untuk orang yang mengundang makanan;

“Orang-orang yang baik telah makan makananmu dan para malaikat telah bershalawat kepadamu serta orang-orang yang berpuasa telah berbuka di rumahmu.” (HR Ibnu Abi Syaibah, Ahmad, An Nasa`i, dan yang lainnya).

Doa lainnya juga diajarkan Rasulullah, “Ya Allah, berilah makan orang yang telah memberi makan kepadaku dan berilah minum orang yang telah memberi minum kepadaku.” (HR Muslim). “Ya Allah, ampunilah mereka, sayangilah mereka dan berkahilah terhadap apa yang telah Engkau rezekikan kepada mereka.” (HR Muslim).



Wallahu A'lam
(wid)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5714 seconds (0.1#10.140)