6 Tips Memilih Busana Syar'i agar Tampil Modern dan Fashionable

Minggu, 19 Maret 2023 - 16:29 WIB
loading...
6 Tips Memilih Busana Syari agar Tampil Modern dan Fashionable
Ada beberapa tips memilih busana syari yang bisa diketahui agar tampilannya bisa memberikan kesan modern dan lebih fashionable tanpa menghilangkan aturan syariat.. Foto istimewa
A A A
Perkembangan mode fesyen di Indonesia memang tergolong cepat, termasuk pada perkembangan busana muslimah yang syar'i . Jenis dari busana yang satu ini memang selalu dilirik oleh perempuan muslimah. Terlebih ketika akan memasuki Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran.


Meski busana ini selalu identik dengan model yang tertutup dan lekat dengan syariat, bukan berarti memakai busana syar'i tidak bisa tampil lebih stylish. Oleh karena itu, terdapat beberapa tips memilih busana syari yang bisa diketahui agar tampilannya bisa memberikan kesan modern dan lebih fashionable tanpa menghilangkan syariat..

Tips Memilih Busana Syari

Berikut enam tips memilih busana syar'i agar terkesan modern dan lebih fashionable :

1. Pilih busana yang sesuai dengan syariat agama

Tujuan dari penggunaan busana syar'i adalah untuk menutupi aurat dengan tambahan persyaratan lain seperti tidak transparan, longgar sehingga bisa menyamarkan bentuk tubuh.

Keuntungan memakai busana muslimah yang sesuai dengan syariat adalah bisa mendapatkan pahala karena telah sesuai dengan aturannya.

2. Memilih busana yang sesuai dengan ukuran

Setelah memilih busana yang sesuai dengan syariat agama, memilih pakaian yang sesuai dengan ukuran badan adalah hal yang cukup penting.

Pakaian yang kekecilan atau ketat akan membuat susah pemakainya, sedangkan jika terlalu longgar akan menyebabkan mudah terkena kotoran saat di jalan.

3. Memilih bahan yang nyaman

Menentukan bahan yang nyaman digunakan mungkin acapkali terabaikan. Padahal kualitas dari jenis bahan tentu akan menentukan kenyamanan bagi para penggunanya.

Oleh karena itu, pilihlah bahan yang relatif ringan dan lembut. Mulai dari bahan polyester, sutra, satin hingga bahan sifon. Selain nyaman dipakai, bahan tersebut juga akan memberikan efek berkilau pada pakaian.

4. Pentingnya menggunakan aksesoris hijab

Agar tampilan lebih menarik dan terkesan modern, memakai aksesoris hijab juga menjadi hal yang cukup penting. Menambah aksesoris seperti bandana, anting hijab, hingga kalung bisa menjadi opsinya.

Namun karena sifatnya aksesoris, penggunaan pun tidak boleh berlebihan.Tetap sederhana, tanpa mengabaikan syariat Islam.

5. Memilih hijab syar'i

Pada dasarnya, hijab merupakan instrumen terpenting seorang bagi penampilan seorang muslimah. Model hijab saat ini terus berinovasi, mulai dari yang sederhana hingga rumit penggunaanya.

6. Menentukan pilihan warna yang netral

Tampil cantik dengan busana syari idealnya selalu disesuaikan dengan pemilihan warna busana. Untuk memudahkan dalam pemilihan warna, pengguna bisa disesuaikan dengan warna khimar atau hijab panjang yang menutup dada.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2634 seconds (0.1#10.140)