Menakjubkan! Ini Tanda-tanda Datangnya Malam Lailatulqadar

Selasa, 11 April 2023 - 04:00 WIB
loading...
Menakjubkan! Ini Tanda-tanda Datangnya Malam Lailatulqadar
Setidaknya ada 5 keadaan tatkala lailatulqadar datang. Foto/Ilustrasi: Ist
A A A
Salah satu keistimewaan bulan Ramadan ini ialah terdapat malam Lailatulqadar . Lailatulqadar merupakan malam yang di dalamnya terkandung banyak sekali kemuliaan. Berdasarkan informasi Al-Qur’an malam ini lebih baik dari seribu bulan . Selain itu, malaikat Jibril dan malaikat-malaikat lainnya turun pada malam ini.

Allah SWT berfirman;

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ، وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ, لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ، تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ، سَلَامٌ هِيَ حَتَّىٰ مَطْلَعِ الْفَجْرِ

Artinya: "Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar. ( QS al-Qadr : 1-5)

Kemuliaan yang agung dari malam ini, menjadikan umat Islam sangat merindukan bertemu dengan malam yang penuh kemuliaan ini. Adapun untuk memperoleh kemualiaan malam ini Rasulullah SAW menjelaskan tentang tanda-tanda datangnya malam Lailatulqadar ini.



Tanda-tanda datangnya malam Lailatulqadar berdasaran hadis Nabi SAW yang dapat dirasakan di pagi harinya.

1. Keadaan malam yang tentram dan tenang

Salah satu tanda datangnya malam Lailatulqadar ialah kondisi malam yang tentram dan tenang. Hal tersebut dapat dirasakan jika kita memiliki kepekaan akan kondisi itu.

Ibnu Abbas radliyallahu’anhu berkata: Rasulullah SAW bersabda: "Lailatulqadar adalah malam tentram dan tenang, tidak terlalu panas dan tidak pula terlalu dingin, esok paginya sang surya terbit dengan sinar lemah berwarna merah."

Malaikat-malaikat yang turun ke bumi membawa kebaikan-kebaikan yang lantas memberikan suasana bersahabat dan membuat suasana malam tampak bercahaya meski tak ada sinar bulan atau cahaya lain yang menerangi. Orang-orang yang menemukan malam ini akan merasa sangat tenang, lebih khusyuk dalam beribadah dan merasakan kebahagiaan yang luar biasa.



2. Kondisi cuacanya yang tidak begitu panas dan dingin

Tanda lain datangnya malam Lailatulqadar ditandai dengan cuaca pada malam itu yang tidak ekstrim (terlalu panas atau dingin). Kondisi tersebut tentunya menambah kenyamanan dan kesyahduan dalam beribadah kepada Allah SWT.

Dari Ibnu Abbas , Rasulullah SAW bersabda tentang Lailatulqadar, "Yaitu malam yang penuh kemudahan dan kebaikan, tidak begitu panas, juga tidak begitu dingin, pada pagi hari matahari bersinar tidak begitu cerah dan tampak kemerah-merahan." (HR Imam Al Baihaqi).

3. Malam yang terang dan tenang

Tanda lain untuk mengetahui datangnya malam Lailatulqadar, bahwa pada malam itu suasahanya penuh ketenangan dan berbeda dari malam-malam lain. Langit terlihat terang meskipun tidak ada sinar bulan.

"Lailatulqadar adalah malam yang terang, tidak panas, tidak dingin, tidak ada awan, tidak hujan, tidak ada angin kencang dan tidak ada yang dilempar pada malam itu dengan bintang (lemparan meteor bagi setan)." (HR at-Thabrani)



4. Bulan terlihat separuh
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2331 seconds (0.1#10.140)