Tips Melawan Rasa Bosan Berpuasa

Sabtu, 15 April 2023 - 04:00 WIB
loading...
Tips Melawan Rasa Bosan Berpuasa
Tanamkan dalam diri niat untuk berpuasa hanya kepada Allah. Foto/Ilustrasi: Daarul Quran
A A A
Tidak dipungkiri bahwa rasa bosan seringkali muncul saat menjalankan ibadah puasa Ramadan . Ketika rasa bosan datang, seseorang biasanya melakukan berbagai kegiatan menarik untuk melawannya.

Namun, rasa bosan akan datang terus-terusan jika tidak dihindari. Untuk itu, berikut adalah tips melawan rasa bosan saat berpuasa agar tidak kembali lagi:

1. Niat

Tanamkan dalam diri niat untuk berpuasa hanya kepada Allah dan tidak mengharapkan sesuatu dari siapapun selain Allah. Dengan begitu, seseorang akan memanfaatkan bulan Ramadan sebagai momen untuk mendekatkan diri kepada Allah.

2. Ramadhan datang satu tahun sekali

Selanjutnya adalah yakinkan bahwa kesempatan bertemu dengan bulan Ramadan hanya satu tahun sekali. Oleh karena itu, diharapkan dapat memanfaat seluruh waktu di bulan Ramadan dengan maksimal dan bernilai ibadah.



3. Memiliki target ibadah

Sebelum memasuki bulan Ramadan, sebaiknya memiliki target ibadah apa saja yang ingin dilakukan. Hal itu berguna untuk menambah motivasi agar bersemangat melaksanakan ibadah kepada Allah.

Isilah waktu dengan memperbanyak zikir, membaca Al-Qur'an atau bersedekah. Bisa juga dengan mendengarkan kajian baik secara langsung di masjid atau secara online.

4. Menjadikan Ramadan untuk berbenah diri

Ramadan adalah bulan mulia yang segala amal kebaikan di dalamnya akan Allah lipat gandakan. Oleh sebab itu, sebaiknya menjadikan Ramadan sebagai momen untuk berbenah diri dari semua kesalahan dan membiasakan perbuatan-perbuatan baik.



Demikianlah tips melawan rasa bosan saat berpuasa yang bisa dilakukan. Pada intinya, Ramadan adalah bulan yang dinantikan oleh seluruh umat Islam.

Jangan sampai kedatangannya disia-siakan dengan bersantai. Perbanyak ibadah dan kegiatan bermanfaat agar Ramadan ini kali lebih baik dari Ramadan sebelumnya.
(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1428 seconds (0.1#10.140)