Menu Sahur dan Berbuka ala Nabi Muhammad SAW

Sabtu, 15 April 2023 - 03:00 WIB
loading...
Menu Sahur dan Berbuka ala Nabi Muhammad SAW
Menu berbuka puasa Nabi Muhammad SAW antara lain kurma, susu, dan anggur. Foto/Ilustrasi: Daaru; Quran
A A A
Memilih menu berbuka dan sahur menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Pasalnya, asupan makanan yang masuk bisa mempengaruhi kondisi tubuh kita selama menjalani puasa .

Nah, terkait hidangan buka puasa dan sahur, Nabi Muhammad SAW pun memiliki makanan favorit yang biasa disantap pada dua waktu tersebut.

Pilihan makanan yang menjadi kesukaan nabi saat berbuka dan sahur pun bisa dijadikan referensi bagi kita selaku umatnya. Berikut menu sahur dan berbuka ala Nabi Muhammad SAW :



Kurma
Buah kurma terbukti memiliki berbagai macam manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Buah dengan kandungan tinggi serat dan karbohidrat ini sangat baik untuk sistem pencernaan.

Tak hanya itu. Kandungan antioksidan di dalamnya berperan penting untuk menjaga kekebalan tubuh selama berpuasa.

Kurma sangat dianjurkan dikonsumsi dalam jumlah ganjil baik saat berbuka maupun ketika sahur. Sebagaimana Nabi Muhammad juga melakukannya. “Apabila kamu ingin berbuka, berbukalah dengan kurma. Jika tidak ada, minumlah air putih karena ia suci.” (HR. At-Tirmizi)

Susu
Susu termasuk minuman yang kaya akan nutrisi dan protein. Sangat baik bagi kesehatan, terutama dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Nabi Muhammad SAW selama berbuka dan sahur, menjadikan susu sebagai minuman yang sering dikonsumsinya.

"Hendaklah kalian minum susu sapi karena ia makan dari setiap pohon." (HR Ahmad, Hakim dan Ibnu Hibban).



Anggur
Anggur jadi salah satu buah yang digemari Nabi SAW. Olahan berbahan dasar anggur seperti kismis pun biasa jadi santapan yang dihidangkan tatkala buka puasa dan sahur.

Selain rasanya yang lezat, anggur juga memberikan banyak manfaat kesehatan berkat kandungan nutrisi dan antioksidannya yang tinggi.

Dalam segelas anggur, mengandung 29 persen vitamin K, seperempat kebutuhan vitamin C harian, serta beragam kandungan lainnya. Anggur juga berkhasiat untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh manusia melalui antimikroba alaminya.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2753 seconds (0.1#10.140)