Memaknai Keberkahan Ramadan (21): Al-Qur'an Menyelamatkan Manusia dari Kesesatan

Kamis, 20 April 2023 - 15:16 WIB
loading...
A A A
Kenyataan ini adalah gambaran betapa kepintaran akal dan kesuksesan dunia tidak menjamin kepuasan dan kebahagiaan hidup. Ada sebuah sisi penting dalam kehidupan yang terabaikan yang menjadikan kesuksesannya menjadi timpang.

Matthew dengan kepintaran dan kesuksesan dunianya sedang mengalami kebingungan dan kebimbangan yang sangat. Mathew tidak tahu untuk apa dia hidup dan akan kemana pada akhirnya di ujung perjalanan kehidupan ini.

Sesungguhnya situasi hidup yang dialami seseorang seperti Mathew inilah salah satu makna dari kata "kesesatan" (dholalah) dalam agama.

Maka diturunkannya Al-Qur'an di bulan Ramadan sebagai petunjuk (hudan) sesungguhnya adalah penyelamatan manusia (human salvation) dari kesesatan itu. Ramadan sebagai bulan Al-Qur'an (Syahrul Quran) merupakan keberkahan yang begitu besar dan penting dalam kehidupan manusia.

Dan ini pulalah makna dari malam yang kita nantikan itu. Satu malam yang lebih baik dari seribu malam. Malam
Itu menjadi jauh lebih dari malam-malam biasa karena Al-Qur'an yang diturunkan di malam itu. Dengannya hidup manusia memiliki nilai (value) yang tinggi. Bahkan lebih baik (bernilai) dari seribu bulan kehidupan dalam kesesatan.

Semoga kita dikaruniai keberkahan Ramadan. Lebih khusus lagi semoga kita dikarunia keberkahan Lailatulqadar itu. Amin!

(Bersambung)!

(rhs)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2583 seconds (0.1#10.140)