Hukum Puasa Syawal saat Masih Menanggung Utang Puasa Ramadan

Minggu, 23 April 2023 - 14:40 WIB
loading...
Hukum Puasa Syawal saat Masih Menanggung Utang Puasa Ramadan
Bayar utang puasa Ramadan dulu, baru puasa sunah .Foto/Ilustrasi: dok. SINDOnews
A A A
Para ulama berselisih pendapat dalam masalah, apakah boleh mendahulukan puasa sunah (termasuk puasa enam hari di bulan Syawal ) sebelum melakukan puasa qadha Ramadan .

Imam Abu Hanifah , Imam asy Syafi’i dan Imam Ahmad , berpendapat bolehnya melakukan itu. Mereka mengqiyaskannya dengan salat thathawu’ sebelum pelaksanaan salat fardhu.

Adapun pendapat yang masyhur dalam mazhab Ahmad, diharamkannya mengerjakan puasa sunah dan tidak sah, selama masih mempunyai tanggungan puasa wajib.



Syaikh Abdul Aziz bin Baz dalam "Fiqhul Islam"menetapkan, berdasarkan aturan syari’at (masyru’) mendahulukan puasa qadha Ramadan terlebih dahulu, ketimbang puasa enam hari dan puasa sunah lainnya. Hal ini merujuk sabda Nabi SAW:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ

Barangsiapa berpuasa Ramadan kemudian diiringi dengan puasa enam hari pada bulan Syawal, maka ia seperti puasa satu tahun. (HR Muslim)

Menurutnya, barangsiapa mengutamakan puasa enam hari daripada berpuasa qadha, berarti belum mengiringkannya dengan puasa Ramadan . Ia hanya mengiringkannya dengan sebagian puasa di bulan Ramadan. Mengqadha puasa hukumnya wajib. Sedangkan puasa enam hari hukumnya sunah. Perkara yang wajib lebih utama untuk diperhatikan terlebih dahulu.



Pendapat ini pun beliau tegaskan, saat ada seorang wanita yang mengalami nifas pada bulan Ramadan dan mempunyai tekad yang kuat untuk berpuasa pada bulan Syawal. Beliau tetap berpendapat, menurut aturan syari’at, hendaknya Anda memulai dengan puasa qadha terlebih dahulu. Sebab, dalam hadis, Nabi SAW menjelaskan puasa enam hari (Syawal) usai melakukan puasa Ramadan. Jadi perkara wajib lebih diutamakan daripada perkara sunah.

Sementara itu Abu Malik, penulis kitab Shahih Fiqhis Sunnah berpendapat, masih memungkinkan bolehnya melaksanakan puasa enam hari di bulan Syawal, meskipun masih memiliki tanggungan puasa Ramadan. Dasar argumentasi yang digunakan, yaitu kandungan hadis Tsauban di atas yang bersifat mutlak.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3485 seconds (0.1#10.140)