Kumpulan Artikel: Sejarah Madinah

  • Masjid Khandaq, Pelajaran dari Rasulullah Soal Pentingnya Kesabaran dan Musyawarah
    Dunia Islam
    Selasa, 18 Juli 2023 - 13:47 WIB
    Masjid Khandaq atau Masjid Al Ahzab merupakan salah satu destinasi bersejarah di Kota Suci Madinah. Masjid yang berjarak 2,5 kilometer dari Masjid Nabawi ini menjadi saksi bisu peristiwa perang Khandaq.
  • Mengenal Masjid Quba dan Keistimewaannya, Masjid Pertama yang Dibangun Rasulullah
    Dunia Islam
    Rabu, 12 Juli 2023 - 14:22 WIB
    Kota Suci Madinah merupakan salah satu tempat bersejarah bagi peradaban Islam. Tempat ini memiliki banyak jejak peninggalan Nabi Muhammad SAW. Salah satunya Masjid Quba
  • 7 Tempat Bersejarah di Madinah, dari Masjid sampai Museum
    Dunia Islam
    Jum'at, 05 Mei 2023 - 09:26 WIB
    Madinah merupakan salah satu Kota Suci bagi umat Muslim selain Mekkah yang memiliki sejumlah tempat bersejarah yang dapat dikunjungi.
  • Kota Madinah sebagai Tanah Haram Termaktub di Piagam Madinah
    Dunia Islam
    Senin, 08 Agustus 2022 - 17:55 WIB
    Kota Madinah sebagai tanah haram atau suci ada dalam Piagam Madinah yakni pasal 39. Pasal ini punya signifikansi khusus, karena ia berkaitan dengan pengharaman (penyucian) Madinah.
  • Ini Mengapa Perjanjian Rasulullah SAW dengan Kaum Yahudi Dinamakan Piagam Madinah
    Hikmah
    Senin, 01 Agustus 2022 - 05:15 WIB
    Perjanjian antara Nabi Muhammad dan kaum Yahudi Madinah yang paling monumenal adalah Piagam Madinah. Lalu, mengapa disebut Piagam Madinah dan bukan Piagam Yatsrib?
  • cover top ayah
    هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ ۚ عٰلِمُ الۡغَيۡبِ وَالشَّهَادَةِ‌ ۚ هُوَ الرَّحۡمٰنُ الرَّحِيۡمُ‏ (٢٢) هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ۚ اَلۡمَلِكُ الۡقُدُّوۡسُ السَّلٰمُ الۡمُؤۡمِنُ الۡمُهَيۡمِنُ الۡعَزِيۡزُ الۡجَـبَّارُ الۡمُتَكَبِّرُ‌ؕ سُبۡحٰنَ اللّٰهِ عَمَّا يُشۡرِكُوۡنَ (٢٣) هُوَ اللّٰهُ الۡخَـالِـقُ الۡبَارِئُ الۡمُصَوِّرُ‌ لَـهُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى‌ؕ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ وَهُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (٢٤)
    Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Hasyr Ayat 22-24)
    cover bottom ayah
  • Sejarah Yatsrib Berganti Madinah, Kota yang Didoakan Rasulullah
    Hikmah
    Sabtu, 22 Januari 2022 - 17:27 WIB
    Madinah Al-Munawwarah yang berarti kota bercahaya yang merupakan tempat bersejarah bagi umat Islam. Berikut sejarah Yatsrib yang berubah nama menjadi Madinah.