7 Ulama Asal Thailand yang Berjasa Terhadap Perkembangan Islam di Negeri Gajah Putih

Senin, 08 Mei 2023 - 16:03 WIB
loading...
7 Ulama Asal Thailand yang Berjasa Terhadap Perkembangan Islam di Negeri Gajah Putih
DR Surin Pitsuwan adalah mantan sekretaris jenderal Asean dan diplomat serta politisi muslim asal Thailand, ia pun salah satu ulama di Thailand yang berjasa atas perkembangan Islam di sana. Foto dok nytimes
A A A
Ada beberapa ulama asal Thailand yang perlu diketahui. Ulama-ulama ini sangat berjasa terhadap perkembangan Islam di negara yang berjuluk 'Negeri Gajah Putih' itu. Thailand memiliki sejarah yang panjang dalam perkembangan agama Islam , terutama di wilayah Thailand selatan .

Ulama Asal Thailand

Ada banyak ulama terkenal yang berasal dari Thailand atau yang bermukim di Thailand, di antaranya adalah:

1. Syekh Ahmad Qomi

Dia berasal dari Persia dan datang ke Thailand pada abad ke-17. Dia adalah salah satu ulama terkenal pada zamannya dan banyak muridnya yang berasal dari kalangan bangsawan di Thailand.

2. Syekh Ismail Lutfi

Dia berasal dari Pattani dan menjadi salah satu ulama terkemuka di Thailand pada awal abad ke-20. Dia aktif dalam gerakan kemerdekaan Muslim di Thailand selatan.

3. Syekh Mustafa Masyhur

Dia berasal dari Pattani dan adalah salah satu ulama terkemuka pada awal abad ke-20.

Dia aktif dalam gerakan kemerdekaan Muslim di Thailand selatan dan mendirikan banyak madrasah di daerah tersebut.

4. Syekhul Islam Abdullah Fahmi

Dia adalah salah satu ulama terkemuka di Thailand dan pernah menjabat sebagai Syekhul Islam, yaitu pemimpin tertinggi umat Islam di Thailand.

5. Syekhul Islam Aziz Phitakkumpon

Dia adalah ulama terkemuka di Thailand dan pernah menjabat sebagai Syekhul Islam. Dia juga aktif dalam gerakan kemerdekaan Muslim di Thailand selatan.

6. Syekhul Islam Nujumuddin Jarbu

Dia adalah salah satu ulama terkemuka di Thailand dan pernah menjabat sebagai Syekhul Islam. Dia juga aktif dalam gerakan kemerdekaan Muslim di Thailand selatan.

7. Dr. Surin Pitsuwan

Dia adalah seorang diplomat dan politisi Thailand yang juga dikenal sebagai ulama Muslim. Dia pernah menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Thailand dan Sekretaris Jenderal ASEAN.

Itulah beberapa ulama terkenal yang berasal dari atau bermukim di Thailand. Mereka memiliki peran penting dalam perkembangan agama Islam di Thailand dan juga dalam gerakan kemerdekaan Muslim di Thailandselatan.

(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1801 seconds (0.1#10.140)