Simak Tips Jemaah Lansia Tetap Sehat dan Bugar saat Jalankan Ibadah Haji

Senin, 22 Mei 2023 - 19:42 WIB
loading...
Simak Tips Jemaah Lansia Tetap Sehat dan Bugar saat Jalankan Ibadah Haji
Para jemaah khususnya jemaah haji lanjut usia (lansia) diimbau untuk menjaga kesehatan. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Para jemaah khususnya jemaah haji lanjut usia ( lansia ) diimbau untuk menjaga kesehatan. Ribuan jemaah haji yang masuk dalam kelompok terbang (Kloter) l dijadwalkan tiba di Tanah Suci Mekkah, pada Rabu 24 Mei 2023.

"Alhamdulillah, tim kesehatan sudah siap menyambut jemaah haji di mana kami telah menyiapkan klinik kesehatan KKHI serta ada juga layanan-layanan di sektor," ujar Kasie Penghubung Kesehatan Daker Madinah Dokter Desnita, Senin (22/5/2023).

Selain itu, ada juga tim sanitasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang juga akan melakukan pengecekan ke hotel, makanan, serta maktab di mana jemaah tinggal. "Dilihat nanti bagaimana keadaannya, lingkungannya, apakah sudah memenuhi syarat-syarat kesehatan. Diharapkan saat jemaah haji datang sudah siap dan keadaan kamar jemaah sudah sesuai dengan standar kesehatan," katanya.





Selain itu, pihaknya juga menyiagakan tenaga kesehatan (nakes) meliputi dokter umum, dokter spesialis, dan semua spesialis. "Untuk obat-obatan kita sarankan jemaah untuk membawa obat-obatan pribadi karena untuk penyakit-penyakit tertentu belum tentu sesuai dengan yang kita punya. Jadi diharapkan jemaah sudah siap obat-obatan khusus pribadi terutama penyakit-penyakit khusus seperti asma, hipertensi terutama penyakit jantung," ujarnya.

Selain menyiapkan fasilitas dan tenaga kesehatan, Desnita juga membagikan tips agar jemaah haji lansia tetap sehat dan bugar saat tiba di Arab Saudi, antara lain:

1. Jemaah haji khususnya lansia sebelum berangkat sebaiknya jangan banyak aktivitas.

2. Istirahat yang cukup, disarankan dipenerbangan untuk tidur yang cukup karena setelah nanti kedatangan atau tiba di Arab Saudi akan padat jadwalnya karena akan dilanjutkan dengan umrah wajib.

3. Jemaah lansia sebaiknya mengutamakan ibadah haji yang wajib dulu. Usahakan istirahat terlebih dahulu baru melakukan umrah.

4. Jemaah haji lansia harus memperhatikan minum air karena cuaca di Arab Saudi saat ini sedang panas.

"Jadi begitu jemaah datang jangan langsung umrah, sebaiknya jemaah istirahat dulu di hotel. Kalau rasanya badan sudah kuat baru lakukan umrah. Biasanya jemaah begitu datang semangat ya sampai di sini karena sudah rindu Tanah Suci. sebaiknya kita menilai kesehatan masing-masing jangan dipaksakan," sarannya.
(rca)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1500 seconds (0.1#10.140)