Masjid Camlica: Menghubungkan Sejarah Turki dan Ottoman dengan Identitas Nasional

Selasa, 23 Mei 2023 - 09:52 WIB
loading...
Masjid Camlica: Menghubungkan Sejarah Turki dan Ottoman dengan Identitas Nasional
Bendera Turki di halaman Masjid Agung Camlica di Istanbul, pada 3 Mei 2019. Foto/Ilustrasi: Murad Sezer/Reuters/Aljazeera
A A A
Masjid Camlica Turki memiliki banyak fitur simbolis yang menghubungkan sejarah Turki dan Ottoman dengan identitas nasional. Ada yang bilang masjid ini adalah penghormatan kepada Republik Turki, warisan Ottoman dan nenek moyang Muslim Turki. Semuanya menjadi satu. Ini adalah mahakarya Republik Turki di bawah Erdogan .

Cakrawala Istanbul telah berubah dengan cepat. Gedung pencakar langit baru yang menjulang tinggi bermunculan. Jembatan yang menghubungkan kota metropolitan pun membentang di dua benua.

Sejak 2019, Masjid Agung Camlica telah menjadi struktur yang paling terlihat di sisi Anatolia dari ibu kota budaya Turki. Masjid yang bertengger di atas bukit ini membentang lebih dari 57.500 meter persegi dan memiliki enam menara dan kubah pusat yang menjulang tinggi.



Ini adalah masjid terbesar di Turki dan dibuka untuk umum pada 7 Maret 2019, sebagai tempat ibadah sekaligus simbol kebanggaan negara dan identitas nasional Turki.
Masjid Camlica: Menghubungkan Sejarah Turki dan Ottoman dengan Identitas Nasional

Sejak pendirian republik modern oleh Mustafa Kemal Ataturk pada tahun 1923, nasionalisme Turki sebagian besar ditentukan oleh simbol-simbol sekuler yang menjauhi agama dan masa lalu negara Ottoman.

Sebagai presiden republik awal, Ataturk melarang fez dan sorban – dua bentuk tutup kepala pria Ottoman – dan kemudian jilbab dilarang di lembaga-lembaga negara.

Dia juga mengubah bahasa Turki dari aksara Arab ke Latin. Memindahkan ibu kota dari episentrum Ottoman Konstantinopel – yang kemudian dikenal sebagai Istanbul – ke Ankara yang baru didirikan, dan mengganti pengadilan agama dengan sistem hukum yang terinspirasi Eropa .

Meskipun “ larangan jilbab ” dibatalkan oleh Partai Keadilan dan Pembangunan (Partai AK) yang berkuasa, simbol agama tetap berbeda dari negara sekuler Turki.

Namun, Masjid Camlica mencerminkan bagaimana Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berusaha menantang narasi sekuler nasionalisme Turki dengan mencoba menghubungkan kebanggaan negara dengan masa lalu Ottoman dan warisan Islam.

“Tujuan utama revolusi Turki 1923 adalah untuk menciptakan bangsa baru dan identitas nasional dengan melawan yang lama,” kata sosiolog Turki Ferhat Kentel sebagaimana dikutip Aljazeera Senin, 22 Mei 2023. “Untuk melakukan ini, kaum Kemalis memutuskan hubungan dengan zaman Ottoman.”

“Begitu juga dengan Partai AK. Itu menggunakan simbolisme agama dan Ottoman, seperti Masjid Camlica, tetapi terutama Masjid Hagia Sophia , untuk memutuskan hubungan dengan rezim Kemalis,” tambahnya.



Simbolisme yang Kuat

Hayriye Gul, salah satu dari dua arsitek wanita di balik desain Masjid Camlica, mengatakan bahwa struktur tersebut bertujuan untuk berkontribusi pada siluet Istanbul dengan cara yang modern dan praktis sembari mencerminkan arsitektur tradisional Turki-Islam.

“Ini adalah versi modern dari masjid tradisional yang mencakup madrasah dan hammam [pemandian umum]. Sesuai dengan kebutuhan saat ini, memiliki ruang konferensi, tempat parkir dan perpustakaan,” kata Gul.

Bagi Gul dan rekan arsiteknya Bahar Mizrak, bangunan tersebut juga membangkitkan rasa kebanggaan nasional.

“Sebagai warga negara dan arsitek Turki, kami bangga menjadi bagian dari pembangunan masjid yang begitu monumental selama era republik,” kata Mizrak.

Dirancang sebagai penerus masjid era Ottoman, kompleks ini terinspirasi oleh karya kepala arsitek kekaisaran Mimar Sinan yang membangun Masjid Suleymaniye yang terkenal di Istanbul, di antara 300 bangunan lainnya.

Masjid Camlica mencakup ruang salat yang dapat menampung sekitar 60.000 orang, museum, galeri, bengkel seni, perpustakaan, dan ruang konferensi, serta memiliki banyak fitur simbolis yang menghubungkan sejarah Turki dan Ottoman dengan identitas nasional.

Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1963 seconds (0.1#10.140)